Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 6 Cara Sederhana untuk Menguras Racun di Dalam Tubuh

6 Cara Sederhana untuk Menguras Racun di Dalam Tubuh

Jakarta – Menguras racun dalam tubuh atau dikenak dengan proses detoksifikasi ternyata bisa dilakukan dengan langkah-langkah mudah berikut ini.

6 Cara Sederhana untuk Menguras Racun di Dalam Tubuh

Berikut 6 langkah sederhana untuk melakukan detoksifikasi seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 17/5/2016):

1. Segelas lemon

Proses detoksifikasi secara alami berlangsung pada malam hari. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk segera menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan. Segelas air putih hangat yang diberi perasan lemon membantu hati memproduksi lebih banyak enzim untuk meningkatkan fungsi pencernaan, dan mendorong kinerja hati untuk menguras racun lebih optimal.

Vitamin C yang dalam lemon mengandung antioksidan tinggi yang melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Yoga

Gerakan yoga membantu proses detokskasi dengan cara merangsang pembersihan pencernaan dari racun yang disebabkan oleh stres.

3. Brokoli

Brokoli tinggi kandungan antioksidan untuk mendukung proses detoksifikasi. Selain itu, sayuran ini juga mengurangi peradangan kronis yang berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Sebuah studi 2014 menunjukkan, perempuan yang sering menyantap brokoli memiliki risiko peradangan substansial yang lebih sedikit, dibandingkan mereka yang tidak.

4. Menyikat tubuh

Menyikat tubuh beberapa kali dalam seminggu membantu mengelupas sel kulit mati dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori.

Menyikat tubuh membantu merangsang sirkulasi bawah kulit, untuk pembaharuan sel dan meningkatkan vitalitas tubuh.

5. Teh

Teh yang mengandung dandelion mampu meningkatkan fungsi hati, dengan cara merangsang perbaikan jaringan hati dan membantu menurunkan penumpukan racun dalam tubuh.

Selain itu, teh dandelion dapat memperkuat dinding sel untuk mencegah racun masuk, merangsang enzim yang mengubah racun jadi tidak terlalu berbahaya, dan memblokir radikal bebas yang menyerang sel.

6. Berendam dengan garam Epsom

Berendam selama 20 menit dalam bak mandi yang dicampur dua cangkir garam Epsom membantu memperlancar aktivitas di usus besar, sehingga buang air besar menjadi lancar.

“Garam Epsom mengandung magnesium. mineral, dan nutrisi lain yang bisa terserap oleh tubuh saat mandi, yang membantu proses detoksifikasi,” jelas Lipman.

Jika mengalami sembelit, cobalah konsultasi pada dokter apakah memberi 1.000 mg garam epsom di malam hari bisa dijadikan solusi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Jakarta – Hijab bukan hanya bagian dari busana, tapi menjadi hal yang diwajibkan dalam agama ...