Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Tetap Cantik dan Sehat untuk Pekerja Urban

Tips Tetap Cantik dan Sehat untuk Pekerja Urban

Jakarta – Menjadi masyarakat urban berarti Anda sudah siap untuk lebih memperhatikan kesehatan kulit tubuh dan wajah. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit memang menjadi tantangan tersendiri di tengah lingkungan yang berpolusi.

Tips Tetap Cantik dan Sehat untuk Pekerja Urban

Berikut tips untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit bagi pekerja urban seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 17/5/2016):

1. Konsumsi makanan sehat

Menyantap makanan sehat akan memberi efek baik bagi kesehatan secara keseluruhan dan kecantikan kulit. Sertakan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dalam menu harian Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C dan rendah lemak membantu membuat kulit terlihat lebih muda.

2. Olahraga

Bagaimana olahraga memberikan manfaat bagi kecantikan kulit? Ahli dermatologi Dr Doris Day, MD, menjelaskan, sebuah studi yang dilakukan peneliti di Finlandia memperlihatkan bahwa atlet yang berusia setengah baya memiliki tingkat elastisitas kulit lebih baik dibandingkan mereka yang jarang berolahraga.

Para atlet itu memiliki lebih sedikit keriput, meskipun umurnya sudah tak muda lagi. Para peneliti meyakini bahwa efek positif dari olahraga adalah menunda penuaan kulit. Olahraga atau aktivitas membuat sel-sel kulit baru terbentuk lebih cepat.

“Dengan kata lain, ketika Anda bergerak, maka sel-sel kulit melakukan hal yang sama,” ujar Dr Doris Day.

3. Tidur cukup

Jangan abaikan tidur cukup pada malam hari. Kurangnya jam tidur ditambah efek paparan sinar matahari kian meningkatkan tanda-tanda penuaan kulit. Hal ini telah dibuktikan peneliti dari Skin Study Centre di University Hospital, Ohio, Amerika Serikat. Penelitian yang dilakukan pada 2013 itu melibatkan 60 wanita berusia antara 30 hingga 49 tahun.

Para peneliti menemukan perbedaan besar dalam kualitas tidur yang baik dan yang buruk terhadap kulit. Mereka yang tidak cukup tidur mengalami peningkatan kemunculan garis-garis halus, pigmentasi tidak merata, dan kulit kurang elastis.

“Kurangnya tidur, berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit,” kata spesialis perawatan kulit Debbie Thomas. “Kulit akan tampak pucat dan mata menjadi bengkak. Kekurangan waktu tidur yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan garis-garis halus dan lingkaran hitam di sekitar mata,” jelas Debbie.

Saat kuota tidur malam tidak tercukupi, tubuh melepaskan kelebihan hormon stres kortisol. Hormon ini memecah kolagen, protein yang membuat kulit lembut dan elastis.

4. Minum air putih

Biasakan minum air putih minimal enam hingga delapan gelas sehari. Minum air putih memberikan efek detoksifikasi tubuh, meluruhkan racun-racun dalam tubuh yang memengaruhi penampilan kulit. Kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akan terangkat dan kulit terlihat lebih segar. Sel-sel kulit yang terhidrasi dengan baik akan terjaga elastisitasnya dan memberikan penampilan kulit yang kencang.

5. Membersihkan Wajah

Kepadatan penduduk kota dan aktivitas yang tinggi mendorong orang menghabiskan kegiatan di luar ruangan. Kemacetan menjadi rutinitas yang dilalui pekerja urban setiap hari. Menghabiskan banyak waktu di jalan membuat kulit rentan terkena polusi.

Polusi mengandung partikel mikroskopik berbahaya yang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang, dan dapat mengendap di kulit bagian terdalam. Selain itu, wajah mengandung minyak dan mudah sekali kotor. Kombinasi keduanya membuat kulit wajah menjadi kusam.

Cara paling sederhana untuk mengusir kekusaman wajah dan mendapatkan kulit wajah sehat dan bersih ialah dengan rutin mencuci muka. Biasakan mencuci wajah pada waktu bangun tidur, dan malam hari sebelum tidur, atau setelah berkegiatan yang memicu pengeluaran keringat.

Jika wajah terus menerus diterpa polusi tanpa perawatan, kerusakan kulit akan lebih mudah terjadi. Sebab, partikel polusi memicu munculnya bintik atau flek hitam di kulit. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Jakarta – Pada dasarnya, Anda tidak anjurkan untuk memecahkan jerawat di wajah Anda, apalagi jerawat ...