Home > Teknologi > Internet > Hati-hati, Penipuan Ajakan Menikah Beredar di Medsos

Hati-hati, Penipuan Ajakan Menikah Beredar di Medsos

Jakarta – Semakin hari bentuk kejahatan di dunia maya makin beragam saja. Modus kejahatan paling baru justru mengincar kaum jomblo atau kalian yang masih lajang. Seperti yang belum lama ini diungkap oleh Subdit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, berupa penipuan di media sosial bermodus ajakan menikah.

Hati-hati, Penipuan Ajakan Menikah Beredar di Medsos

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Rabu (18/5/2016), pihak kepolisian kini telah menangkap tiga pelaku penipuan, yakni seorang WNA asal Nigeria berinisial ARC (31 tahun), serta dua WNI berinisial RN (43 tahun) dan NM (20 tahun). Ketiga pelaku diamankan pada Sabtu (14/5) lalu di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utaran.

Kombes Awi Setiyono selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat agar makin waspada terhadap segala bentuk penipuan di dunia maya. Ia menjelaskan bahwa tersangkan yang merupakan WNA itu membuat akun Facebook palsu untuk melancarkan aksi penipuannya. Dengan mengaku sebagai ‘Eldho Markose’, anggota tentara Amerika Serikat yang sedang bertugas di Afghanistan.

Korban pertama yang diajak menikah oleh ARC ialah Ninung Pangarti (37 tahun). ARC mengimingi uang senilai USD 1,5 juta sebagai biaya hidup mereka nanti setelah menikah. Tergiur akan tawaran tersebut, Ninung akhirnya termakan tipu muslihat dan justru mengirim sejumlah uang yang katanya akan digunakan biaya administrasi.

Atas perbuatan penipuan tersebut, ketiga tersangka dijerat pasal 378, 263 KUHP, Pasal 28 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (2) UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Pasal 3,4,5 UU RI Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, dengan ancaman kurungan maksimal 20 tahun. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Driver Go-Jek Bule Ini Bikin Baper Netizen

Driver Go-Jek Bule Ini Bikin Baper Netizen

Jakarta – Moda transportasi via online kini tengah booming. Tak sedikit orang yang akhirnya beralih ...