Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : BIN Minta Masyarakat Waspadai Propaganda Terkait PKI

Berita Terkini : BIN Minta Masyarakat Waspadai Propaganda Terkait PKI

Jakarta – Bertepatan dengan Hari Lahir Partai Komunis Indonesia (PKI) ke-102 tahun pada 9 Mei 2016, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengungkapkan, sekitar 102.000 kaus bergambar palu arit dinagikan gratis kabar tersebut pun sudah tersebar di sejumlah daerah.

Berita Terkini : BIN Minta Masyarakat Waspadai Propaganda Terkait PKI

”Pembagian tersebut paling banyak berada di wilayah DKI Jakarta,” kata pria yang akrab disapa Bang Yos itu melalui keterangannya, Rabu (18/5/2016).

Memang, BIN memeiliki wewenang melaksanakan fungsi intelijen di dalam dan luar negeri. Hal tersebut pun telah sesuai dengan UU Nomor 17 Tahun 2011, pasal 28 Ayat (1).

”Sesuai tugas yang ditetapkan oleh Pasal 29 dari UU tentang Intelijen Negara tersebut, BIN membuat berbagai produk intelijen termasuk menyelidiki latar belakang pejabat negara. BIN sudah melakukan penelusuran kepada lembaga-lembaga yang di masa lalu dan hingga kini memiliki catatan mengenai anggota PKI dan keluarganya,” bebernya.

Karena itu, BIN mengimbau masyarakat berhati-hati terhdapa pihak yang berupaya membangkitkan kembali paham Komunisme/Marxisme-Leninisme. Propaganda tersebut hasus diwaspadai sebagai ancaman terhadap ideologi Pancasila

Untuk menghindarinya, masyarakat jangan sampai terpancing isu-isu fitnah yang dapat memecah persatuan bangsa. Mereka pun diminta untuk melaporkan kepada aparat keamanan setempat jika menemukan penyebaran lambang-lambang PKI dalam bentuk apa pun.

”Masyarakat perlu memahami bahwa ada payung hukum dan dasar untuk bertindak terhadap penyebar ajaran komunis, yakni TAP MPRS nomor XXV tahun 1966 tentang larangan ideologi komunis di Indonesia dan UU Nomor 27 Tahun 1999 tentang Perubahan Kitab UU Hukum Pidana yang Berkaitan Dengan Kejahatan Terhadap Keamanan Negara. Ancamannya 12 tahun sampai 20 tahun penjara,” jelasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Nusron Wahid Sesalkan Edaran Agar Masjid Tolak Bantuan Dari Ahok

Nusron Wahid Sesalkan Edaran Agar Masjid Tolak Bantuan Dari Ahok

Jakarta – Nusron Wahid mengaku heran terkait adanya imbauan menolak bantuan masjid oleh sekelompok orang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis