Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terbaru : Presiden Putin Menyebut Soekarno Sebagai Teman Sejati Bagi Rusia

Berita Terbaru : Presiden Putin Menyebut Soekarno Sebagai Teman Sejati Bagi Rusia

Sochi – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Rusia pada Rabu (18/5/2016). Kunjungan tersebut bermaksud merencanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan itu berlangsung di Sochi, Rusia.

Berita Terbaru : Presiden Putin Menyebut Soekarno Sebagai Teman Sejati Bagi Rusia

Saat itu, dua presiden tersebut ditemani jajaran menterinya. Mereka adalah, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Kepala BIN Sutiyoso.

Setelah pertemuan selesai, Jokowi dan Putin meneken MoU di bidang ekonomi dan pertahanan. Keduanya langsung melakukan konferensi pers.

”Perundingan yang kami lakukan dengan Presiden Jokowi bersifat lengkap dan konsumtif, baik dalam pertemuan 4 mata maupun dengan para delegasi. Kami membahas seluruh aspek,” kata Putin saat jumpa pers di Sochi, Rusia, Rabu malam (18/5/2016).

Selain itu, dua kepala negara tersebut bakal bekerja sama di bidang ekonomi dan pertahanan. Hubungan dekat RI-Rusia, kata Putin, sudah terjalin sejak lama.

”Hubungan ini berasal dari sikap yang ditetapkan oleh Presiden RI Pertama, Soekarno, teman sejati negara kami. Baru tadi kami membahas, 60 tahun lalu, pada tahun 1956, beliau (Soekarno) sempat ke Sochi untuk perundingan dengan Uni Soviet,” ujar Putin.

Putin menjelaskan, kerja sama RI dan Rusia pernah terkendala pada 2015. Namun, di 3 bulan pertama, hubungan tersbeut telah membaik.

”Kami telah sepakat dengan Jokowi untuk berikan dukungan sistematis untuk menciptakan syarat-syarat yang menguntugnkan kerja sama perdagangan dan perindustrian,” katanya.

Sementara itu, mengenai dana untuk kerja sama tersebut, Putin menanyakan bank infrastruktur Asia yang berdiri akhir tahun lalu. ”Sumber pendanaan ntuk proyek bersama, bisa dari bank infrastruktur Asia yang didirikan tahun lalu,” jelasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ditolak Masuk ke AS, Ini Reaksi Panglima TNI

Ditolak Masuk ke AS, Ini Reaksi Panglima TNI

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku kecewa dengan sikap Amerika Serikat yang menolak ...