Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Militer Irak Blokir Jalur Suplai Militan ISIS

Berita Internasional : Militer Irak Blokir Jalur Suplai Militan ISIS

Rutba – Militer Irak berhasil merebut kota Rutba dari tangan ISIS pada Kamis (19/5/2016). Caranya, mereka memblokir jalur suplai militan radikal tersebut ke Suriah.

Berita Internasional : Militer Irak Blokir Jalur Suplai Militan ISIS

Sebagaimana dilansir dari Reuters pada Jumat (20/5/2016), pengumuman tersebut diinformasikan komando operasi bersama militer Irak. Mereka menjelaskanbahwa kota tersebut berjarak 360 kilometer dari Baghdad.

Menurut mereka Rutba telah dibebaskan secara sepenuhnya Namun, mereka tidak memberikan klarifikasi lebih lanjut tetang pembebasan tersebut.

Memang, militer Irak mengusir ISIS dari wilayah barat dan timur di negara tersebut yang sejak kali pertama diduduki pada 2014. Namun, hingga kini, ISIS kehilangan banyak kontrol terhadap kota yang selama ini mereka duduki.

Sementara itu, Mayor Jendral Hadi Razij menjelaskan, pasukan komando elite menyerbu bagian selatan. Dari utara, ada pejuang adat, polisi, dan militer Irak.

”Kami berhasil membebaskan Distrik Rutba, menumpas para pelaku bom bunuh diri dan (menjinakkan banyak) bom mobil,” ujar Razij.
Sementara itu, ISIS menganggap penting kota terpencil tersebut karena menjadi rute pengiriman dan masuknya suplai militan radikal dari dan menuju Suriah. Dengan demikian, militer Irak menilai hal tersebut adalah kemenangan besar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengeluarkan peringatan terhadap negara-negara di PBB pada Senin (16/10/2017), dalam ...