Home > Ragam Berita > Nasional > Kericuhan Terjadi Saat Proses Penggusuran Rumah Warga di Kebonharjo

Kericuhan Terjadi Saat Proses Penggusuran Rumah Warga di Kebonharjo

Semarang – Suasana di Kebonharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, pada Kamis (19/5) kemarin terasa begitu mencekam. Sejak pagi terlihat pagar betis warga yang berbaris bersiap menyambut kedatangan aparat gabungan yang akan melakukan penggusuran.

Kericuhan Terjadi Saat Proses Penggusuran Rumah Warga di Kebonharjo

Berdasar informasi yang didapat tim Harian Indo, Jumat (20/5/2016), warga Kebunharjo memang sempat menolak untuk digusur. Sementara lahan yang mereka tempati sudah direncanakan PT. KAI untuk dibangun rel kereta baru untuk jalur Stasiun Tawang – Pelabuhan Tanjung Emas.

Sebelum aksi penggusuran berlangsung pada Kamis (19/5) pagi, sempat terjadi aksi saling dorong antara ratusan personel gabungan dengan warga Kebonharjo, yang masih ngotot memblokade jalan menuju perkampungan mereka. Warga Kebonharjo berdalih belum ada keputusan dari pengadilan untuk menggusur rumah mereka.

Akibat kericuhan tersebut, salah seorang warga menjadi korban meninggal, yakni Jumai’in atau yang akrab disapa Pak Mian. Penyebab wafatnya Pak Mian karena serangan jantung, diduga karena kaget dengan kedatangan ratusan personel dan tiga alat berat yang akan merobohkan rumahnya.

Meski begitu kericuhan tetap berlanjut, warga terlihat melempar batu ke arah petugas, sementara petugas Brimob Polda Jawa Tengah membalas dengan memberi tembakan peringatan ke udara.

Pimpinan dan tujuh anggota DPRD Kota Semarang terlihat datang untuk memantau dan menengahi proses penggusuran lahan milik PT. KAI tersebut. Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi lantas melobi Kapolrestabes Semarang agar proses penggusuran ditunda dulu, hingga akhirnya upaya penggusuran dihentikan sekitar pukul 17.45 WIB. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Jakarta – Saat Ahok menjabat, dirinya selalu mengunggah video rapat ke Youtube. Alasannya agar masyarakat ...