Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Olahraga Bisa Mengurangi Rasa Lapar

Olahraga Bisa Mengurangi Rasa Lapar

Jakarta – Sebuah penelitain terbaru dari University of Alabama Birmingham menyatakan jika olahraga dapat mengurangi rasa lapar.

Olahraga Bisa Mengurangi Rasa Lapar

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise tersebut membagi 38 pelajar yang baru saja melakukan ujian ke dalam dua grup yang terpisah.

Pada penelitian tersebut, grup pertama diberi waktu 15 menit untuk beristirahat, sementara grup kedua langusng melakukan olahraga berat.

Usai diminta melakukan dua hal berbeda, semua partisipan disuguhi makanan pizza. Hasilnya, mereka yang berada di grup pertama memakan 100 gram lebih banyak pizza daripada mereka yang berolahraga.

Melihat hasil tersebut, pemimpin studi William H. Neumeier, Ph.D mengungkapkan, ada kemungkinan terjadinya fluktuasi gula darah dan insulin akibat kerja mental yang tak banyak bergerak pada kelompok pertama.

“Fluktuasi tersebut mungkin memberi sinyal pada otak bahwa tubuh perlu energi, sehingga mereka makan lebih banyak,” ungkapnya, seperti dilansir dari Women’s Health Magazine (Jumat, 20/5/2016).

Sementara itu, olahraga juga menyediakan energi pada otak dalam bentuk glukosa dan laktase.

Neumeir juga menambahkan, olahraga memengaruhi hormon lapar dan kenyang sehingga mengurangi nafsu makan. Selain itu, olahraga juga dapat menyegarkan kerja mental.

Meskipun penelitian ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut terhadap jenis responden yang berbeda, trik ini bisa digunakan bagi mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Pengaruh Berhenti Minum Kopi Bagi Kulit

Inilah Pengaruh Berhenti Minum Kopi Bagi Kulit

Jakarta – Apakah Anda sadar jika meminum kopi memiliki dampak bagi kulit? Dari beberapa artikel ...