Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tips dan Trik Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Tips dan Trik Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Jakarta – Kementrian Kesehatan saat ini tengah menggalakkan program kesehatan yang sifatnya promotif dan preventif. Hal tersebut juga bermanfaat untuk menekan biaya operasi yang dikeluarkan.

Tips dan Trik Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Maria Fajarini, MSc, seorang peneliti dari perusahaan konsultan Evidence & Analytics menyampaikan beberapa tips dan trik untuk hidup sehat bagi para pekerja di kantor.

Pertama, sebaiknya setiap kantor menyediakan kamar mandi bagi pekerjanya.

“Jadi untuk mereka yang pergi ke kantor dengan berjalan kaki atau bersepeda cukup jauh hingga berkeringat, bisa mandi sebelum mulai bekerja. Jadi merasa lebih segar,” ujarnya dalam acara National Seminar on Non-communicable and Life Style Diseases, Jakarta.

Kedua, upayakan hindari lift dan lebih memilih tangga agar tubuh lebih banyak bekerja. Memang mudah, namun kebanyakan pekerja sangat malas untuk melakukannya.

Kemudian, lakukan olahraga di sela-sela jam istirahat atau mengadakan kelas olahraga bagi pekerja sehingga pekerja lebih bersemangat untuk membakar kalori tubuh.

“Sempatkan waktu untuk berolahraga, misalnya di sela-sela jam makan siang,” sarannya.

Maria juga menyarankan untuk menghilangkan tradisi makan kue di saat salah seorang pekerja merayakan ulang tahun di kantor. Lebih baik mengganti kue dengan buah yang lebih banyak memiliki manfaat bagi tubuh.

“Akan lebih bagus lagi jika kantor melakukan aturan bebas rokok di kawasan tersebut. Jadi, semua terhindar dari paparan asap, seperti sekolah-sekolah yang ada di Manchester,” ujar Gindo Tampubolon, PhD, rekan kerja Maria,Jumat (20/5/2016). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

Jakarta – Bagi sebagian besar wanita, masa kehamilan merupakan saat yang tak dapat dilupakan. Bentuk ...