Home > Gaya Hidup > Tips > Ingin Membangun Keakraban Antar Saudara di Rumah? Lakukan Hal Berikut

Ingin Membangun Keakraban Antar Saudara di Rumah? Lakukan Hal Berikut

Jakarta – Hubungan dengan saudara kandung merupakan hubungan persaudaraan yang paling dekat dan tak akan pernah putus. Adalah tugas dari orang tua untuk membantu membangun hubungan yang kuat di antara anak-anaknya.

Ingin Membangun Keakraban Antar Saudara di Rumah? Lakukan Hal Berikut

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua? Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Jumat, 20/5/2016)

1. Sabar

Mengakurkan dua anak bukan hal yang mudah. Orang tua dituntut memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Beri pengertian tentang pentingnya saudara kepada anak-anak.

2. Beri contoh

Orang tua adalah teladan yang baik bagi anak. Contohkan hal-hal yang positif kepada anak agar lebih mudah mengajari mereka.

3. Kompetisi

Untuk mempererat persaudaraan di antara anak, dalam setiap kegiatan yang sifatnya kompetitif, buatlah anak-anak sebagai satu tim sehingga mereka bisa semakin akrab dan kompak. Ajarkan pula kompetisi yang sehat kepada mereka.

4. Jangan memihak

Orang tua harus adil. Misal, si adik bersalah, maka orang tua tidak boleh membela agar si kakak tidak merasa orang tua pilih kasih. Beri nasihat secara lembut, serta ajarkan anak sejak dini untuk mengakui kesalahan yang diperbuatnya.

5. Permainan yang rumit

Ciptakan permainan rumit yang bisa memperkuat kerjasama tim antara kakak dan adik. Dengan demikian, mereka akan semakin akrab.

6. Bermain bersama

Luangkanlah waktu untuk bermain bersama untuk menciptakan suasana kekeluargaan yang harmonis.

7. Beri apresiasi

Jangan sungkan memuji anak jika mereka berhasil mendapat prestasi. Sebaliknya, Anda harus berada di belakang anak untuk menyemangati saat mereka gagal meraih prestasi. Beri pengertian, bahwa gagal adalah salah satu bagian dari proses belajar. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Mengapa Saat Berciuman Kepala Kita Refleks Ke Kanan ?

Mengapa Saat Berciuman Kepala Kita Refleks Ke Kanan ?

Jakarta – Saat berciuman, kepala kita seringkali refleks miring ke kanan. Mungkin tidak semua orang ...