Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 3 Efek Psikologis Pada Korban Pemerkosaan

3 Efek Psikologis Pada Korban Pemerkosaan

Jakarta – Pemerkosaan tidak hanya merenggut kesucian dari seorang wanita. Pengaruh nonfisik juga menyebabkan dampak psikologis yang dramatis. Pada tahap awal, korban akan merasa malu, “kotor” dan bersalah. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, korban akan jatuh ke tahap depresi, bahkan mencoba untuk bunuh diri.

3 Efek Psikologis Pada Korban Pemerkosaan

Berikut adalah beberapa efek psikologis akibat pemerkosaan seperti dilansir dari okezone.com (Jumat, 20/5/2016):

Gangguan seksual hiposeksual

Korban pemerkosaan dapat mengalami gangguan psikologis, khususnya yang terkait dengan hubungan seksual. Korban pemerkosaan dapat kehilangan keinginan untuk berhubungan seksual, bahkan dengan pasangannya kelak. Hubungan seksual dapat membangkitkan memori pemerkosaan yang terjadi pada dirinya.

Depresi

Seorang korban pasca pemerkosaan akan merasa bahwa dunianya hancur dan masa depannya terasa suram. Sang korban dapat saja terjatuh pada fase depresi, di mana dirinya merasa murung, dan tidak bersemangat dalam menjalani kehidupannya.

Keinginan bunuh diri

Perasaan bersalah, dan depresi yang tidak ditangani dengan tepat dapat berujung pada keinginan untuk bunuh diri. Di Etiopia, sebanyak 6 persen perempuan usia sekolah yang menjadi korban pemerkosaan mencoba untuk mengakhiri hidupnya. Oleh karena itu, terapi psikologis pada korban pemerkosaan perlu diberikan sejak dini untuk mengembalikan kepercayaan diri korban dan memperbaiki masa depan korban.

Dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat korban sangat dibutuhkan sebagai salah satu bagian dari terapi pemulihan. Dengan begitu, proses penyembuhan korban pun bisa lebih maksimal. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...