Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Dampak Negatif Menyikat Gigi Tiap Habis Makan

Dampak Negatif Menyikat Gigi Tiap Habis Makan

Jakarta – Siapa bilang jika menyikat gigi sehabis makan dalah kebiasaan yang bagus untuk gigi Anda? Para ahli pun memperingatkan bahwa menggosok gigi terlalu sering, malah justru dapat lebih banyak buruknya buat kesehatan ketimbang manfaat baiknya.

Dampak Negatif Menyikat Gigi Tiap Habis Makan

Menurut Dr Bushra, General Manager, India Dental Association (IDA) menjelaskan seperti dilansir dari okezone.com (Jumat, 20/5/2016), “Kita perlu menyikat gigi dua kali sehari, tidak wajib sehabis makan. Pengaruh menyikat gigi segera setelah makan terutama tergantung pada jenis makanan yang kita makan.”

“Misalnya, jika kita baru saja mengambil makanan yang bersifat asam di alam seperti cola atau makanan jeruk, karena sifat asam, enamel segera terpengaruh dan melemah. Menyikat pada enamel yang lemah ini pasti akan lebih berbahaya daripada abrasi yang baik dan bisa jadi efek yang paling umum. Berlebihan menyikat gigi juga dapat mengakibatkan mengekspos ‘tubulus dentin’ yang menyebabkan sensitivitas.”

Oleh karena itu amat dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari dan berkumur setelah makan.

Dr Anurag Singh Sr. Consultant bedah maksilofasial dari Max Superspeciality Hospital Saket, New Delhi, menambahkan, “Anda dapat sikat gigi Anda setelah sarapan dan sekali setelah makan malam tapi setidaknya dengan jeda 30 menit (setelah makan) untuk menetralkan kandungan asam (yang kita konsumsi).”

Selama menyikat gigi dan menyikatnya dengan kuat dapat menyebabkan gusi surut dan membuat mereka lebih sensitif terutama jika bulu sikat gigi yang Anda pakai sudah jelek.” (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Dibanding Ibuprofen, 7 Obat Anti Nyeri Ini Lebih Aman Digunakan

Dibanding Ibuprofen, 7 Obat Anti Nyeri Ini Lebih Aman Digunakan

Jakarta – Obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen kerap digunakan sebagai peringan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis