Home > Teknologi > Gadget > iJakarta, Aplikasi Perpustakaan Online untuk Warga DKI

iJakarta, Aplikasi Perpustakaan Online untuk Warga DKI

Jakarta – Perkembangan teknologi komunikasi, IT, atau gadget saat ini seakan semakin mengikis budaya membaca buku dari masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh masyarakat pengguna gadget lebih suka menggunakan perangkat pintarnya untuk kepentingan media sosial, game, atau berbagai jenis entertainment lainnya.
iJakarta, Aplikasi Perpustakaan Online untuk Warga DKI
Hal ini ternyata menarik perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta. Oleh karena itu, pihak Pemda DKI pun memutar otak untuk bisa mengembalikan kembali budaya membaca ke tengah kehidupan masyarakat digital Ibukota.

Seperti dilansir dari id.techinasia.com, Sabtu (21/5/2016), salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemda DKI Jakarta adalah dengan mengembangkan dan meluncurkan sebuah aplikasi unik bernama iJakarta. Aplikasi mobile ini merupakan perpustakaan online, dimana para pengguna dapat meminjam dan membaca buku “eBook” yang tersedia di dalamnya secara gratis.

Penggunaan kata meminjam ini cukup unik namun tepat. Karena, buku-buku eBook yang tersedia di iJakarta memang tidak bisa di-download ke perangkat anda. Anda harus meminjamnya seperti di perpustakaan, dengan tenggat waktu pengembalian yang sudah ditentukan.

Bila stok buku yang ingin anda baca sudah habis, maka mau tidak mau anda harus menunggu sampai buku tersebut sudah dikembalikan oleh peminjamnya. Benar-benar sebuah simulasi dari kegiatan pinjam-meminjam buku di perpusatakaan “normal”.

Adapun aplikasi iJakarta sudah tersedia untuk platform Android, iOS, maupun PC. Pemda DKI Jakarta mengklaim bahwa aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 54 ribu penguna. Sekitar 29 ribu penggunanya pun menghabiskan waktu sekitar 40 hingga 180 menit untuk online di iJakarta dan membaca koleksi buku mereka yang mencapai 12.724 judul.

Untuk mendapatkan aplikasi iJakarta, silahkan kunjungi tautan berikut ini:

– iJakarta untuk Android

– iJakarta untuk iOS

(Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

ASUS X550UI Adopsi APU Genereasi Ke-7 AMD

ASUS X550UI Adopsi APU Genereasi Ke-7 AMD

Jakarta – AMD baru saja mengeluarkan APU (Accelerated Processing Unit) generasi ke-7 dan kartu grafis ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis