Home > Ragam Berita > Nasional > Sejarah 21 Mei : Habibie Sempat Mengatakan “Bapak Kurang Ajar” Pada Soeharto

Sejarah 21 Mei : Habibie Sempat Mengatakan “Bapak Kurang Ajar” Pada Soeharto

Jakarta – Ada begitu banyak kejadian yang melatarbelakangi lengsernya Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998 silam. Selain terjadinya kerusuhan Mei 1998, mundurnya 14 menteri dari kabinet kerja juga berperan besar dalam reformasi pemerintahan Republik Indonesia.

Sejarah 21 Mei : Habibie Sempat Mengatakan "Bapak Kurang Ajar" Pada Soeharto

Berdasar informasi yang dirilis Antara, Sabtu (21/5/2016), Presiden Soeharto tak bisa menyembunyikan kekecawaan saat menerima surat pengunduran 14 menterinya, namun ia juga masih bimbang siapa yang akan mengisi kursi Presiden jika ia lengser.

Jika dilihat secara konstitusi, maka Wakil Presiden BJ Habibie otomatis akan menggantikan Soeharto, namun justru hal tersebut yang mengganjal pikiran Bapak Orde Baru. Dalam pandangan Soeharto, Habibie sudah menjadi kawan dekat yang cerdas, namun dirasa belum sanggup untuk menjadi pemimpin negara.

Terkait hal tersebut, Menteri Pariwisata di era Presiden BJ Habibie, Marzuki Darusman, mengungkap fakta menarik dalam buku yang ditulisnya, ‘Kekacauan Negara di Tengah Presiden Ketiga dan Keempat’. Ia menyebut bahwa Habibie sempat mengumpat Soeharto yang meragukan kemampuan yang dimilikinya untuk memimpin Indonesia.

“Bapak kurang ajar,” hardik Habibie kala itu di hadapan Presiden Soeharto.


Baca juga:

Sejarah 21 Mei : Inilah 10 Tokoh Yang Dipanggil Soeharto Jelang Lengser

Penilaian miring Soeharto yang meragukan kemampuan sang wakil presiden terungkap setelah Tanri Abeng memberitahukan hal tersebut kepada Habibie. Tentu saja Habibie langsung naik pitam dan menghadap Soeharto di Cendana, hingga akhirnya keluar kata umpatan tersebut. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Rizieq Akan Laporkan Megawati Karena Sebut Hari Akhir Hanya Ramalan

Habib Rizieq Laporkan Megawati Karena Sebut Hari Akhir Hanya Ramalan

Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq akan melaporkan Ketua Umum PDIP ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis