Home > Ragam Berita > Nasional > Koleksi 23 Medali Emas, TNI-AD Jadi Juara Umum AASAM

Koleksi 23 Medali Emas, TNI-AD Jadi Juara Umum AASAM

Jakarta – TNI-AD mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional. Mereka kembali menunjukkan sebagai yang terbaik.
Beberapa waktu lalu, Royal Australian Army mengadakan lomba tembak antar angkatan darat. Yakni, Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM). Di ajang tersebut, TNI-AD keluar sebagai juara umum

Koleksi 23 Medali Emas, TNI-AD Jadi Juara Umum AASAM

Berdasar Informasi yang diterima Harian Indo pada Selasa (24/5/2016), AASAM berlangsung selama 16 hari. Yakni, mulai 3 Mei-19 Mei 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Di ajang tersebut, ada 20 negara yang berpartisipasi. TNI-AD pun keluar sebagai juara umum karena mengoleksi 23 medali emas dari 50 medali emas yang diperebutkan.

Negara-negara yang ikut mengirimkan wakilnya di ajang lomba menembak tahunan ini antara lain, Amerika Serikat, Prancis, Kanada, Inggris, Australia, China, Jepang, Uni Emirat Arab, Papua Niugini, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.

Juara kedua diraih oleh kontingen Angkatan Darat China dengan memperoleh 9 emas. Sedangkan tempat ketiga diraih kontingen Angkatan Darat Jepang yang memperoleh 4 medali emas.

Menurut Kepala Bidang Penerangan Umum Puspen TNI Kolonel Czi Berlin G, untuk ajang AASAM tahun ini TNI AD mengirimkan 19 orang prajurit terbaiknya dengan dipimpin oleh Mayor Inf Syafruddin yang sehari-harinya menjabat sebagai Kasiops Sops Divisi 1 Kostrad.

Dengan hasil gemilang yang dicapai oleh TNI AD berarti Indonesia telah 9 kali menjadi juara umum berturut-turut sejak penyelenggaraan AASAM pada 2008.

”Selama berpartisipasi pada lomba tembak AASAM, TNI AD senantiasa menjadi juara umum sejak pertandingan di Puckapunyal 2008, dengan menggunakan senjata jenis SS-2 V4 buatan PT Pindad yang merupakan senjata organik pasukan Kostrad,” ujar Kolonel Czi Berlin, seperti dikutip situs resmi TNI.

AASAM sendiri diadakan sejak tahun 1984 di Singleton, Pusat Pendidikan Infanteri Angkatan Darat Australia. TNI AD baru mengikuti AASAM pada tahun 1996/1997. Sejak tahun 2008 hingga 2016 TNI AD selalu menjadi juara umum. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah mendukung rencana Aksi Bela ...