Home > Ragam Berita > Nasional > Video Propaganda ISIS Bakar Paspor Indonesia Tak Bisa Ditolerir

Video Propaganda ISIS Bakar Paspor Indonesia Tak Bisa Ditolerir

Jakarta – Belum lama ini, beredar sebuah video yang memperlihatkan aksi pembakaran paspor Indonesia oleh sekelompok orang yang mengaku sebagai simpatisan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Video yang melibatkan beberapa orang dewasa dan belasan anak-anak itu disinyalir merupakan bentuk propaganda dari “cabang” ISIS di Indonesia, yang menyatakan bahwa mereka adalah kelompok yang masih patut untuk diwaspadai dan diperhitungkan.

Video Propaganda ISIS Bakar Paspor Indonesia Tak Bisa Ditolerir

Seperti dilansir dari BBC Indonesia, Selasa (24/5/2016), video tersebut diyakini telah dibuat pada sekitar dua hingga tiga tahun lalu. Namun, adegan pembakaran paspor Indonesia itu diunggah kembali ke situs YouTube untuk menciptakan keresahan pada masyarakat.

“Itu salah-satu provokasi (ISIS), semacam trik mereka untuk menunjukkan bahwa mereka masih eksis,” tutur Ansyad Mbai, mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Heyder Affan, Kamis (19/5/2016)

Meski beberapa kalangan menilai bahwa video tersebut hanya sekedar “gertak sambal”, Ansyad menghimbau kepada Pemerintah Indonesia dan pihak yang berwenang untuk tidak mentolerir dan menganggap remeh. Apalagi, video tersebut menunjukkan keterlibatan anak-anak kecil yang bisa dianggap sebagai “generasi penerus” ISIS di Indonesia.

“Artinya, anak-anak itu dalam jangka panjang nanti, ISIS masih punya kader yang cukup militan,” tambah Ansyad.

“Dengan kata lain, potensi bahaya terorisme cukup tinggi,” tandasnya lagi. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Imbau Penyelenggara DWP 2017 Tidak Mengganggu Salat Subuh

Sandiaga Imbau Penyelenggara DWP 2017 Tidak Mengganggu Salat Subuh

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta penyelenggaraan Djakarta Warehouse Project atau DWP ...