Home > Ragam Berita > Internasional > Benarkah Tagihan Pajak Google Mencapai Triliunan Rupiah?

Benarkah Tagihan Pajak Google Mencapai Triliunan Rupiah?

Paris – Polisi bersama petugas pajak menyambangi merazia kantor perwakilan Google di Paris, Prancis pada Selasa pagi (24/5/2016). Sebab, perusahaan internet tersebut digosipkan tidak membayar pajak. Hal tersebut telah dikonfirmasikan sebelumnya.

Benarkah Tagihan Pajak Google Mencapai Triliunan Rupiah?

Sebelumnya, otoritas pajak di Prancis dikabarkan telah mengimbau Google membayar pajak dan denda. Jumlahnya pun tidak main-main., Yakni USD 1,12 miliar atau setara dengan Rp 15,2 triliun. Sayangnya, Google tidak bergeming.

Juru bicara Google menyatakan, pihaknya tidak mempunyai masalah dengan pajak dan akan berkomunikasi dengan pemangku kebijakan di Prancis terkait masalah ini.

”Kami mematuhi hukum pajak di Prancis, seperti di negara-negara lain. Kami bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang untuk menjawab pertanyaan mereka,” kata juru bicara Google.

Sebelumnya, pada tahun 2011 lalu Google juga pernah berurusan dengan pemerintah Prancis karena diduga telah melakukan transfer bisnis di Prancis ke Irlandia.

Di Indonesia, Google juga bermasalah terkait masalah pajak karena Google Indonesia belum menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) sehingga belum menjadi wajib pajak. Karena itu semua transaksi bisnis Google yang dilakukan di Indonesia tidak mempunyai pengaruh sama sekali terhadap pendapatan negara. Padahal transaksi bisnis periklanan di dunia digital pada tahun 2015 mencapai USD 850 juta atau sekitar Rp 11,6 triliun. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kim Jong Un Diisukan Singkirkan Jendral Hwang Pyong So

Kim Jong Un Diisukan Singkirkan Jendral Hwang Pyong So

Pyongyang – Salah satu pembantu dekat pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tak terlihat publik ...