Home > Ragam Berita > Nasional > Benarkah PDIP dan Gerindra Bakal Bekoalisi Dalam Pilgub DKI 2017?

Benarkah PDIP dan Gerindra Bakal Bekoalisi Dalam Pilgub DKI 2017?

Jakarta – PDIP dan Partai Gerindra melakukan pertemuan pada Rabu (25/5/206). Tujuannya, membahas koalisi Pilgub DKI 2017.
Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono menjelaskan, PDIP sangat membuka pinti bagi partai lain. Mereka pun bakal berkoalisi meski bisa mengusung cagub sendiri.

Benarkah PDIP dan Gerindra Bakal Bekoalisi Dalam Pilgub DKI 2017?

Sebagai partai dengan pemilik kursi terbanyak, PDIP berkesempatan untuk berkoalisi. Syaratnya, partai rekanan tersebut tidak mengajukan cagubnya sendiri. Sebab, itu adalah hak PDIP. Hal serupa pun berlaku jika Gerindra bergabung dengan PDIP.

”Pertama, dengan Gerindra kita bangun koalisi dulu ketika ada persamaan. Barulah bicara siapa yang diusung masing-masing. Katakanlah, Gerindra sodorkan Pak Sjafrie Sjamsoeddin ya gimana kita sama dulu,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik menyatakan, partainya mempunyai tiga nama bakal calonyang akan disodorkan kepada PDIP, dan tidak masalah bila ketiga nama tersebut dijadikan wakil gubernur.

”Nanti Juli akan kami putuskan siapa yang akan kami usung. Tiga nama balon cagub kami, semua ada di partai lain. Kami bertemu dengan PDI Perjuangan untuk membicarakan koalisi,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

JK Menilai Pidato "Pribumi" Anies Tak Diskriminatif

JK Menilai Pidato “Pribumi” Anies Tak Diskriminatif

Jakarta – Jika Presiden Jokowi enggan menanggapi perihal pidato Anies, berbeda dengan Wakil Presiden Jusuf ...