Home > Ragam Berita > Nasional > Sidang Isbat Untuk Menentukan Awal Ramadhan 1437 H Bakal Digelar 5 Juni

Sidang Isbat Untuk Menentukan Awal Ramadhan 1437 H Bakal Digelar 5 Juni

Ambon – Penentuan awal puasa Ramadhan 1437 hijriyah akan diumumkan setelah sidang Isbat yang akan dilakukan oleh Kementerian Agama pada tanggal 5 Juni 2016 nanti. Hal ini diberitahukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada saat membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional kedua di objek wisata pantai Negeri Liang, Pulau Ambon, maluku, Rabu (25/5/2016).

Sidang Isbat Untuk Menentukan Awal Ramadhan 1437 H Bakal Digelar 5 Juni

Lukman Hakim menuturkan jika pihaknya akan mengundang para ulama, pimpinan ormas Islam, dan juga pakar Ilmu Falak untuk dapat hadir pada sidang Isbat yang akan dilakukan tanggal 5 Juni pada sore hari. Lukman menambahkan jika sidang Isbat ini nanti akan dilakukan ada saat setelah salat Magrin dan akan emnentukan awal Ramadhan tahun ini.

Lukman juga menegaskan jika sidang Isbat itu nantinya akan berlangsung secara tertutup dan digelar di kantor Kementerian Agama, yang mana pihaknya nanti juga akan mendengar laporan dari petugas Kemenag yang akan disebar di beberapa titik di Indonesia untuk dapat melakukan pengamatan hilal.

Lukman mengungkapkan jika petugasnya yang melakukan pengamatan untul melaporkan melihat Hilal, maka sidang Isbat menetapkan awal Ramadan jatuh pada Senin 6 Juni, namun jika tidak melihat maka kita akan istimalkan Bulan Syaban menjadi 30 hari sehingga awal Ramadan jatuh pada hari Selasa. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Berstatus Terpidana, Ahok Tak Mungkin Jadi Cawapres atau Menteri

Berstatus Terpidana, Ahok Tak Mungkin Jadi Cawapres atau Menteri

Jakarta – Beberapa waktu yang lalu Lembaga Survei Inddikator Politik Indonesia telah merilis hasil surveinya ...