Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menilai KPK Sengaja Mengulur Waktu Terkait Status Hukum Ahok

Pengamat Menilai KPK Sengaja Mengulur Waktu Terkait Status Hukum Ahok

Jakarta – Kredibilitas KPK kembali dipertaruhkan ketika mengusut kasus yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Ada beberapa pihak yang menilai saat ini KPK sedang mengulur waktu terkait status hukum Ahok hingga batas masa pendaftaran Pilgub DKI Jakarta.

Pengamat Menilai KPK Sengaja Mengulur Waktu Terkait Status Hukum Ahok

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Kamis (26/5/2016), pandangan tersebut salah satunya diungkapkan oleh Ahmad Jufrianto selaku pengamat hukum.

“KPK sedang melakukan aksi mengulur waktu, sampai batas masa Pilkada DKI memasuki masa pendaftaran dan terbentuknya calon calon yang sudah jelas yang akan diusung partai ataupun independen,” ungkap Ahmad Jufrianto.

Menurut Ahmad Jufrianto, jika KPK mengulur status hukum Ahok hingga memasuki proses Pilgub DKI 2017, maka mereka tidak bisa melakukan intervensi terhadap Calon Gubernur. Jika KPK menetapkan status hukum pada Ahok di masa Pilgub DKI 2017, maka akan muncul penilaian politis yang menggiring opini adanya intervensi kekuatan politik lain terhadap KPK (persaingan politis).

Nah, berdasar data di KPU, batas waktu penyerahan dukungan dari calon independen ialah pada 16 Juli 2016. Artinya jika KPK tidak menetapkan status hukum pada Ahok sebelum tanggal tersebut, maka bisa dipastikan mantan Bupati Belitung Timur tersebut akan melenggang bebas ke Pilgub DKI 2017.


Baca juga:

Ahok Dukung Pemberlakuan Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Terhadap Anak

Benarkah PDIP dan Gerindra Bakal Bekoalisi Dalam Pilgub DKI 2017?

Jadi menurut Ahmad Jufrianto, KPK saat ini secara tidak langsung melakukan aksi mengulur waktu. Hingga nanti pada tanggal 16 Juli 2016 akhirnya Ahok terdaftar di KPU sebagai calon gubernur independen. Akhirnya, nantinya KPK tidak akna menjadikan Ahok sebagai tersangka hingga Pilkada DKI mengumumkan siapa yang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Bertemu CEO Buka Lapak, Sandiaga Uno Lemparkan Pujian

Bertemu CEO Buka Lapak, Sandiaga Uno Lemparkan Pujian

Jakarta – Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak menyebut jika wakil gubernur terpilih DKI Sandiaga Uno ...