Home > Ragam Berita > Nasional > Simak Cara Ekseskusi Hukuman Kebiri

Simak Cara Ekseskusi Hukuman Kebiri

Jakarta – Maraknya kasus pemerkosaan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini membuat pemerintah bergerak cepat dengan merumuskan kebijakan baru. Salah satunya dilakukan Presiden Joko Widodo dengan merilis Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu), yang salah satu poinnya mengatur hukuman kebiri untuk pelaku pemerkosaan.

Simak Cara Ekseskusi Hukuman Kebiri

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Kamis (26/5/2016), dalam Perpu tersebut diatur mengenai pidana pemberatan, pidana tambahan, dan tindakan lain bagi pelaku.

Presiden Jokowi menjelaskan pemberatan pidana berupa tambahan pidana sepertiga dari ancaman penjara paling singkat 10 tahun dan paling lama 20 tahun, selain itu juga ada ancaman hukuman seumur hidup dan hukuman mati yang dimasukkan ke pemberatan pidana. Sementara itu tambahan pidana alternatif yang diatur ialah berupa pengumuman identitas pelaku, kebiri kimia, dan pemasangan alat deteksi elektronik.

Penambahan pasal tersebut dibuat untuk memberi ruang bagi hakim untuk menentukan hukuman seberat-beratnya agar pelaku merasakan efek jera.

Adapun hukuman kebiri kimiawi yang dimaksud ialah berupa terapi kimiawi, bukan menghilangkan alat vital pelaku seperti yang ada di bayangan banyak orang awam, sehingga terlihat sangat kejam. Dalam draf Perpu Pasal 81 dan 82 dijelaskan bahwa kebiri kimiawi akan berdampak mengurangi nafsu seksualitas.

Meski begitu, pemberlakuan hukuman kebiri masih menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Lantas, bagaimana implementasi hukuman kebiri kimiawi tersebut? Kita tunggu saja kabar selanjutnya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Jakarta – Arief Poyuono selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra memastikan bawha tidak akan ikut ...