Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terbaru : Publik Berikan Respons Positif tentang Hukuman Kebiri Kimiawi

Berita Terbaru : Publik Berikan Respons Positif tentang Hukuman Kebiri Kimiawi

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah meneken perppu tentang perlindungan anak. Di salah satu ayat, ada hukuman tambahan untuk pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Yakni, hukuman kebiri secara kimiawi.

Berita Terbaru : Publik Berikan Respons Positif tentang Hukuman Kebiri KimiawiBerita Terbaru : Publik Berikan Respons Positif tentang Hukuman Kebiri Kimiawi

Masyarakat pun merespons positif pengesahan hukuman tersebut. Sebab, kejahatan seksual terhadap anak beberapa waktu ini sedang marak.

Ketua Bagian Andrologi dan Seksologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Profesor Wimpie Pangkahila menjelaskan, saat ini, dokter hanya bisa melakukan kebiri kimiawi.

Sementara itu, kebiri fisik dengan cara membuang testis yang merupakan lokasi produksi testosteron sudah tidak lagi dilakukan dalam dunia kedokteran, kecuali ada indikasi medis.

”Itu (kebiri fisik) sudah ditolak habis-habisan. Dokter enggak akan mungkin mau melakukan itu, memotong testis orang yang bukan karena penyakit,” kata Wimpie.

Kebiri kimiawi dilakukan dengan cara memasukkan obat antiandrogen melalui suntikan untuk menekan produksi testoteron, dan harus dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

”Tergantung reaksi setiap individu, tetapi tidak mungkin hanya sekali (suntik hormon antiandrogen),” kata Wimpie pada Jumat (27/10/2015).

Jika penyuntikan dihentikan, tidak menutup kemungkinan pelaku akan kembali mendapatkan fungsi seksualnya lagi. Ada kemungkinan lain, pelaku meminta bantuan dokter lain untuk mengembalikan fungsi organ seksualnya dengan disuntik hormon laki-laki.

”Kalau tidak disertai, misalnya hukuman seumur hidup, dia (pelaku kekerasan seksual) kan bisa bergentayangan. Dia bisa pergi ke dokter lain minta dikembalikan seperti semula, diberikan hormon semula yang bukan antiandrogen,” kata Wimpie. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polri Tanggapi Permintaan Habib Rizieq Yang Ingin Kasusnya Diselesaikan Secara Kekeluargaan

Polri Tanggapi Permintaan Habib Rizieq Yang Ingin Kasusnya Diselesaikan Secara Kekeluargaan

Jakarta – Polri sudah mendengarkan permintaan dari Rizieq Shihab yang meminta agar segala masalah hukum ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis