Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi Agar Tetap Segar Ketika Berpuasa

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi Agar Tetap Segar Ketika Berpuasa

Jakarta – Bulan Ramadhan sudah ada di depan mata. Kini saatnya menyiapkan strategi agar tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa dengan sehat tanpa rasa lemas.

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi Agar Tetap Segar Ketika Berpuasa

Supaya tetap bugar selama berpuasa, kuncinya adalah ketika makan sahur dan berbuka puasa.

“Upayakan makan banyak protein saat sahur karena membantu menahan rasa kenyang lebih lama,” ujar Prof. Hardinsyah, MS. PhD, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dalam edukasi kesehatan bertajuk Pentingnya Keseimbangan Protein untuk Kesehatan Optimal, di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Hardinsyah pun tidak menyarankan makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti atau bubur.

Apabila ingin mengonsumsi karbohidrat, disarankan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Misalnya, beras merah atau roti gandum.

Hindari juga makanan berlemak yang bisa meningkatkan hormon insulin. Insulin akan mempercepat turunnya gula darah sehingga Anda cepat lapar.

Guru Besar Ilmu Gizi dari IPB ini juga mengingatkan bahwa saat sahur tak boleh hanya berfokus pada makanan, tetapi juga minuman.

“Baiknya, asupan terakhir yang masuk ke dalam mulut adalah air putih untuk memimalkan dehidrasi yang dialami selama berpuasa,” jelasnya.

Dirinya juga menyarankan untuk tetap berolahraga selama bulan puasa untuk menjaga kebugaran. Adapun waktu olahraga yang tepat, yakni menjelang waktu berbuka. Jadi, ketika Anda sudah merasa haus dan letih, Anda bisa langsung minum pada waktu berbuka.

Pilihlah olahraga ringan untuk menghindari cedera dan dehidrasi yang parah, mengingat saat berpuasa kondisi seseorang tidak sebugar biasanya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...