Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 7 Hal Penyebab Kesulitan Tidur

7 Hal Penyebab Kesulitan Tidur

Jakarta – Kurang tidur tidak hanya menyebabkan gangguan kesehatan namun juga memengaruhi produktivitas.

7 Hal Penyebab Kesulitan Tidur

Terdapat beberapa hal yang membuat Anda kesulitan tidur. Apa sajakah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Kamis, 26/5/2016):

1. Sakit

Sakit di beberapa area tubuh, menjadi alasan orang sulit tidur. Parasetamol biasanya bisa membantu meredakan nyeri. Namun, jika tak kunjung sembuh, segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter.

2. Sleep apnea

Sleep apnea umumnya diderita orang yang obesitas atau perempuan hamil. Sleep apnea merupakan kondisi dimana seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik pada saat tidur. Beberapa orang yang mengalami gangguan ini seringkali terjaga dalam tidurnya.

3. Menopause

Normalnya, menopause terjadi pada usia 45-51 tahun. Menopause juga memengaruhi kualitas tidur perempuan.

4. Infeksi urin

Infeksi urine biasanya terjadi pada ibu hamil. Penderitanya seringkali merasa ingin buang air kecil secara terus menerus pada malam hari, sehingga mengganggu kualitas tidur.

5. Masalah emosi

Sulit tidur juga bisa disebabkan karena adanya gangguan emosi.

6. Diabetes

Penderita diabetes tak bisa tidur nyenyak karena adanya fluktuasi dalam gula darah, terus berkeringat, dan sering buang air kecil.

7. Penyakit kardiovaskular

Penyakit ini membuat ritme sirkardian berubah-ubah sehingga menyebabkan sakit pada bagian dada dan detak jantung tak normal. Hal ini berimbas pada waktu istirahat di malam hari.

Gagal jantung kongestif juga membuat Anda terus terjaga, karena hati tidak dapat memompa cukup darah ke tubuh saat tidur. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...