Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Penyakit Berikut Ini Bisa Diterapi Menggunakan Hewan Peliharaan

5 Penyakit Berikut Ini Bisa Diterapi Menggunakan Hewan Peliharaan

Jakarta – Memelihara hewan peliharaan teruata tidak hanya berguna sebagai teman, tetapi juga untuk mengontrol penyakit.

5 Penyakit Berikut Ini Bisa Diterapi Menggunakan Hewan Peliharaan

Anjing, sebagai salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara, ternyata juga dapat membantu mengontrol beberapa penyakit agar tidak semakin berbahaya. Tentunya, harus menggunakan anjing yang telah terlatih. Penyakit apa sajakah? Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Kamis, 26/5/2016).

1. Autisme

Anjing memiliki kemampuan menenangkan, sehingga sangat baik untuk mendampingi penyandang autisme. Bahkan, organisasi Autism Service Dogs of America melatih para anjing untuk membantu penderita autisme meningkatkan kemampuan sosial, agar mereka merasa lebih aman ketika berada di publik.

2. Asma

Anjing bisa dilatih untuk mengetahui kondisi kesehatan pemiliknya, terutama yang memiliki asma.Naluri penciuman anjing dapat memberi peringatan pada pemilik jika mereka mendekati hal-hal yang bisa memicu timbulnya asma.

3. Kejang

Ada dua jenis anjing yang dilatih untuk menangani kejang. Pertama, untuk merespons saat terjadi dan memberi peringatan sebelum terjadi. Sama seperti asma, jika pemiliki terserang kejang, maka anjing akan menggonggong untuk menarik perhatian orang sekitar.

4. Cedera otak traumatis

Penderita penyakit ini bisa mengalami banyak gejala, mulai dari keterbatasan fisik hingga tekanan emosional. Anjing yang sudah terlatih akan menemani pemiliknya dengan keseimbangan dan mobilitas, sehingga membantu dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti berpakaian hingga bersih-bersih. Penyakit ini biasanya disertai dengan efek samping pada mental, seperti depresi atau rasa cemas. Hewan peliharaan ini dapat memenangkan dan memberi kenyamanan saat mengalami gangguan tersebut.

5. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang bisa menyebabkan kelelahan ekstrim, nyeri sendi, hingga kehilangan memori. Anjing dalam hal ini bisa memberikan bantuan-bantuan kecil saat pemiliknya sedang merasa kelelahan, seperti membukakan pintu atau mendorong kereta belanjaan, atau menjadi pegangan saat pemiliki kesulitan bangun dari duduk. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tanda-Tanda Haid Tidak Normal

Tanda-Tanda Haid Tidak Normal

Jakarta – Haid yang disertai dengan tanda serta gejala-gejala yang tidak bisa patut diwaspadai. Demi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis