Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tingkatkan Kualitas Tidur dengan Berolahraga

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan Berolahraga

Jakarta – Ada banyak manfaat dari berolahraga secara teratur yang tidak perlu Anda ragukan lagu.

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan Berolahraga

Apa sajakah? Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Kamis, 26/5/2016):

1. Membuat lebih bersemangat

Olahraga membuat tubuh lebih bersemangat. Berdasarkan penelitian, orang yang rutin berolahraga biasanya memiliki tingkat kewaspadaan dan motivasi yang tinggi.

“Olahraga membuat tubuh menjadi bergairah, terutama dalam hal vitalitas dan kesejahteraan,” ujar Frank Frisch, PhD, direktur kinesiologi di Chapman University di Orange, California.

Olahraga ringan setiap hari menjadi langkah yang baik untuk menghilangkan stres dan penat usai beraktivitas.

2. Meningkatkan gairah seks

Olahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk organ intim. “Efeknya, tubuh menjadi lebih responsif,” ujar Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale School of Medicine.

Selain itu, olahraga juga memberi kekuatan dorongan seksual secara psikologis.

“Bentuk tubuh yang bagus akibat sering berolahraga membuat seseorang merasa dirinya seksi,” kata Dr Minkin, menambahkan.

3. Membuat kulit lembut dan berkilau

Para peneliti di McMaster Universitydi Ontario menemukan, mereka yang berusia di atas 40 tahun dan rajin berolahraga memiliki kulit yang kenyal, seperti saat berusia 20 atau 30 tahun. Ya, olahraga telah terbukti secara klinis dapat memperlambat penuaan.

4. Meningkatkan bentuk tubuh

Perubahan otot dan kepadatan tulang bisa ditingkatkan dengan cara berolahraga. Orang yang rutin melakukan latihan fisik umumnya memiliki tubuh yang tinggi dan tegap.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Olahraga membuat otot dan sendi terhindar dari kekakuan. Yoga atau pilates adalah jenis olahraga yang baik untuk membuat tubuh semakin fleksibel. Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga kardio.

6. Meningkatkan suasana hati

Untuk mendatangkan hormon endorfin, tubuh harus bergerak aktif, salah satunya dengan berolahraga. Bebrapa bukti menunjukkan bahwa sesi di gym dapat memicu perubahan neurotransmitter yang berkaitan dengan perasaan senang, seperti dopamin.

7. Tidur jadi nyenyak

“Peneliti menunjukkan, olahrag rutin dapat membuat tidur lebih cepat dan nyenyak,” ujar Frisch.

Olahraga pemicu jantung memang melelahkan, namun membantu semua sistem untuk berfungsi secara optimal sehingga tubuh cenderung akan menekannya, dan melepaskannya saat tidur. Sebuah studi terbaru menemukan, bahwa olahraga 150 menit seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tanda-Tanda Haid Tidak Normal

Tanda-Tanda Haid Tidak Normal

Jakarta – Haid yang disertai dengan tanda serta gejala-gejala yang tidak bisa patut diwaspadai. Demi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis