Home > Ragam Berita > Nasional > Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Pada Anak Dinilai Terlalu Mahal

Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Pada Anak Dinilai Terlalu Mahal

Jakarta – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait hukuman kebiri bagi para pelaku kejahatan seksual terhadap anak diperkirakan akan menggunakan anggaran yang sangat besar.

Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Pada Anak Dinilai Terlalu Mahal

Pakar Hukum dari Universitas 17 Agustus 1945 Beny Sabdo mengatakan, hukuman kebiri bagi para pelaku kejahatan seks tidak akan menyelesaikan persoalan terkait fenomena pelecehan seksual.

“Kebiri kimia itu mahal loh, kebiri kimia itu anggarannya gede dan efeknya tidak ada,” katanya kepada awak media, Sabtu (29/5/2016).

Menurut Beny, seharusnya Pemerintah berkaca terhadap negara-negara yang pernah menerapkan hukuman yang sama, namun hasilnya bukannya menurun melainkan tindak kejahatan tersebut malah meningkat.

“Dapat dibuktikan di beberapa negara yang sudah menerapkan, sama sekali tidak ada efeknya,” lanjut Benny.

Beny menambahkan, memberatkan hukuman bagi para pelaku kejahatan seksual, Pemerintah bisa saja menerapkan rehabilitas kepada pelaku. Sehingga bukan hanya efek jera melainkan penyadaran terhadap pelaku. Dan tidak lupa juga pencegahan sebelum kejahatan tersebut terjadi.

“Mestinya, para pelaku kejahatan seksual dihukum seperti para pelaku narkoba, mereka di rehab. Selain itu, penanganan kejahatan ini benar-benar diperhatikan oleh negara. Pemerintah juga harus melakukan pencegahan kejahatan seksual,” paparnya dia. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Yasonna Tegaskan Rekomendasi Pansus Tidak Bakal Lemahkan KPK

Yasonna Tegaskan Rekomendasi Pansus Tidak Bakal Lemahkan KPK

Jakarta – Panitia Khusus Hak Angket DPR terhadap KPK akan segera mengakhiri masa kerja dan ...