Home > Ragam Berita > Nasional > Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Pada Anak Dinilai Terlalu Mahal

Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Pada Anak Dinilai Terlalu Mahal

Jakarta – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait hukuman kebiri bagi para pelaku kejahatan seksual terhadap anak diperkirakan akan menggunakan anggaran yang sangat besar.

Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Pada Anak Dinilai Terlalu Mahal

Pakar Hukum dari Universitas 17 Agustus 1945 Beny Sabdo mengatakan, hukuman kebiri bagi para pelaku kejahatan seks tidak akan menyelesaikan persoalan terkait fenomena pelecehan seksual.

“Kebiri kimia itu mahal loh, kebiri kimia itu anggarannya gede dan efeknya tidak ada,” katanya kepada awak media, Sabtu (29/5/2016).

Menurut Beny, seharusnya Pemerintah berkaca terhadap negara-negara yang pernah menerapkan hukuman yang sama, namun hasilnya bukannya menurun melainkan tindak kejahatan tersebut malah meningkat.

“Dapat dibuktikan di beberapa negara yang sudah menerapkan, sama sekali tidak ada efeknya,” lanjut Benny.

Beny menambahkan, memberatkan hukuman bagi para pelaku kejahatan seksual, Pemerintah bisa saja menerapkan rehabilitas kepada pelaku. Sehingga bukan hanya efek jera melainkan penyadaran terhadap pelaku. Dan tidak lupa juga pencegahan sebelum kejahatan tersebut terjadi.

“Mestinya, para pelaku kejahatan seksual dihukum seperti para pelaku narkoba, mereka di rehab. Selain itu, penanganan kejahatan ini benar-benar diperhatikan oleh negara. Pemerintah juga harus melakukan pencegahan kejahatan seksual,” paparnya dia. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Ungkapan Kekecewaan Demokrat Terhadap Kapolri

Demokrat Sampaikan Pandangan Terkait Pembentukan Densus Tipikor

Jakarta – Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto memberikan pandangan atas kesimpulan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis