Home > Ragam Berita > Nasional > Bupati Sidoarjo Ajak Warga Lupakan Tragedi Lumpur Lapindo

Bupati Sidoarjo Ajak Warga Lupakan Tragedi Lumpur Lapindo

Sidoarjo – Saiful Ilah selaku Bupati Sidoarjo memint para warga korban lumpur Lapindo untuk melupakan tragedi semburan lumpur panas yang telah menenggelamkan kampung mereka pada satu dekade silam itu.

Bupati Sidoarjo Ajak Warga Lupakan Tragedi Lumpur Lapindo

Saiful juga mengimbau warga agar kembali bekerja dan memulai hidup baru.

“Karena ini sudah 10 tahun semburan lumpur Lapindo, bagi warga yang ganti ruginya sudah dibayar, tidak terus menuntut. Mari kita bekerja secara profesional,” kata Saiful setelah berpartisipasi dalam drama kolosal di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu (28/5/2016) malam.

Saiful kemudian mempersilakan warga dan pengusaha korban lumpur yang belum mendapatkan ganti rugi menuntut haknya. Hanya, bupati yang menjabat untuk kedua kalinya ini berpesan agar warga menuntut di jalur yang benar.

“Kalau tidak bisa secara kekeluargaan, bisa diselesaikan lewat jalur hukum.”

Menurut Saiful, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo siap untuk memediasi warga dan pengusaha korban lumpur Lapindo dengan pihak PT Minarak Lapindo Jaya, selaku juru bayar Lapindo Brantas Inc, untuk menemukan penyelesaian ganti rugi. “Saya yakin ada penyelesaian,” kata dia.

Saiful menambahkan, ganti rugi korban lumpur Lapindo yang belum dibayar bukan karena kesalahan Minarak. “Itu bukan karena kesalahan Minarak, tapi berkas warga belum komplet.” Dia mencontohkan, ada sebagian berkas warga yang tidak sesuai dengan kenyataan, misalnya tanah basah diubah menjadi tanah kering.

“Jadi, semua masalah ini harus diselesaikan. Kalau tidak bisa cara damai, ya secara hukum.”

Saiful juga meminta pengusaha korban lumpur Lapindo yang belum terbayar juga menempuh upaya tersebut.

“Kami berharap mudah-mudahan 10 tahun lumpur Lapindo ini tidak menambah orang menjadi resah. Tapi sebaliknya, menambah orang senang. Supaya Sidoarjo tidak terkena bencana terus, tapi membawa berkah,” ujarnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Seusai Diperiksa, Habib Rizieq Naik ke Mobil Komando

Seusai Diperiksa, Habib Rizieq Naik ke Mobil Komando

Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab langsung menuju ke mobil ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis