Home > Gaya Hidup > Tips > Simak Saran Dokter Bagi Penderita Maag Yang Ingin Jalankan Ibadah Puasa

Simak Saran Dokter Bagi Penderita Maag Yang Ingin Jalankan Ibadah Puasa

Jakarta – Bulan Ramadhan memang tinggal menghitung jari saja dan oleh karena itu hampir seluruh umat muslim di Indonesia, tak terkecuali di Indonesia, akan melakoni puasa selama sebulan lamanya. Namun, puasa ini bisa jadi menjadi sesuatu yang cukup dikhawatirkan oleh para penderita sait maag, dimana terkadang akan merasa tak nyaman jika berpuasa pada saat maag kambuh.

Simak Saran Dokter Bagi Penderita Maag Yang Ingin Jalankan Ibadah Puasa

Oleh karena itu, meski puasa ini diyakini baik untuk kesehatan, namun tak semua penderita penyakit ini dianjurkan untuk berpuasa, terutama jika sampai akut atau yang sudah tak bisa ditolerir lagi. Sperti saat berbicara di Jakarta, Sabtu (28/5/2016), pakar kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengatakan bahwa dirinya biasanya sebagai dokter akan bilang kepada pasien maag tak apa berpuasa sebelum muntah.

Ari mengungkapkan jika sampai muntah, maka pasti harus batal puasanya karena pasti keluar cairan. Ari menambahkan jika hanya sampai batas perih-perih maka bisa untuk ditahan, karena puasa itu kalo perih merupakan hal yang jamak menurutnya. Ari menegaskan bahwa asal tidak sampai perih yang melintir dan kelaur keringat dingin, maka boleh puasa, namun kalo sudah melintir dan keluar keringat dingin, itu artinya ak kuat. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Desainer Dian Pelangi Beber Tren Warna Busana Lebaran Tahun Ini

Desainer Dian Pelangi Beber Tren Warna Busana Lebaran Tahun Ini

Jakarta – Warna pastel pada umumnya menjadi idola para hijaber untuk busana dan kerudung, seperti ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis