Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terbaru : Ahok Akan Terbitkan Ulang Izin Reklamasi bila Gugatan Dikabulkan

Berita Terbaru : Ahok Akan Terbitkan Ulang Izin Reklamasi bila Gugatan Dikabulkan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal merilis ulang izin pelaksanaan untuk mereklamasi pulau. Namun, hel tersebut dilakukan jika gugatan Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta (KSTJ) terhadap keputusan Gubernur DKI yang mengizinkan PT Muara Wisesa mereklamasi Pulau G dikabulkan.

Berita Terbaru : Ahok Akan Terbitkan Ulang Izin Reklamasi bila Gugatan Dikabulkan

Nah, badan usaha milik daerah (BUMD) DKI kali ini diberi Izin. ”Saya Alhamdulillah, puji Tuhan (jika gugatan dikabulkan),” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2016).

Ahok menjelaskan, gugatan tersebut tidak bakal menyetop proyek reklamasi. Di seluruh dunia, hal tersebut adalah sebuah solusi. Tujuannya, menyelesaikan permasalahan terkait padatnya kawasan daratan adalah membentuk daratan baru.

Adanya gugatan, justru memberi peluang kepada pemerintah untuk bisa memastikan mendapat keuntungan yang lebih banyak dari adanya proyek reklamasi.

Pemerintah tidak bisa membatalkan secara sepihak izin yang telah diberikan kepada swasta. Namun, bila gugatan dikabulkan, ia akan mengalihkan izin kepada BUMD.

”Kalau saya kerja sendiri (reklamasi dikerjakan BUMD), seratus kali lipat dong (keuntungan yang bisa didapat),” ujar Ahok.

Majelis hakim di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta rencananya akan membacakan putusan atas gugatan terhadap Keputusan Gubernur DKI Nomor 2238 Tahun 2014 yang memberi izin kepada Muara Wisesa Samudera, kelompok usaha Agung Podomoro Land, untuk mereklamasi Pulau G.

Sementara itu, gugatan dilayangkan sejak 15 September 2015. KSTJ menilai adanya proyek lebih banyak memberi kerugian kepada warga, terutama nelayan yang biasa melaut di Teluk Jakarta. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ini Harapan MUI Usai Pemerintah Ambil Alih Sertifikasi Halal

Ini Harapan MUI Usai Pemerintah Ambil Alih Sertifikasi Halal

Jakarta – Sejak hari rabu (11/10/2017) lalu pemerintah telah secara resmi mengambil alih pengelolaan sertifikasi ...