Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Jakarta – Menjalankan aktivitas ibadah seperti puasa harus dibarengi dengan tubuh yang sehat dan bugar. Sebab, saat berpuasa pola makan berubah.

Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Ada baiknya untuk mengonsumsi suplemen untuk menghindari serangan penyakit.

“Saat sahur, biasanya orang tidak makan makanan dengan nutrisi lengkap, jadi bisa gunakan multivitamin agar tetap berenergi,” ujar Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam edukasi kesehatan bertajuk Peran Vitamin dan Mineral dalam Menjaga Kesehatan, Selasa (31/5/2016).

Walaupun demikian, multivitamin sebaiknya juga tidak dikonsumsi secara berlebihan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Tidak hanya makanan, minuman juga harus diperhatikan. Perlu diingat, untuk tidak menutup makan sahur dengan minuman manis. Sebab, gula hanya memberi tenaga dalam waktu singkat.

“Gula bikin kadar gula melonjak dalam waktu setengah jam, tapi 2 jam kemudian turun,” terangnya.

Untuk berbuka, Dr. Samuel juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan serat tinggi dan kompleks agar tubuh tetap sehat dan bugar, seperti jus buah.

Agar pencernaan tetap lancar, nasi merah bisa menjadi pilihan untuk berbuka karena mengandung karbohidrat kompleks. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...