Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Pola Hidup Sehat Untuk Menurunkan Risiko Terjangkit Kanker

Pola Hidup Sehat Untuk Menurunkan Risiko Terjangkit Kanker

Jakarta – Gaya hidup seseorang memberi kontribusi yang besar terhadap kesehatan seseorang. Studi yang dirilis Januari 2015 menemukan, gaya hidup menempati urutan ketiga sebagai pemicu kematian akibat kanker.

Pola Hidup Sehat Untuk Menurunkan Risiko Terjangkit Kanker

Selebihnya, kanker dapat disebabkan oleh faktor genetis serta mutasi DNA secara acak.

Dr. Mingyang Song, penulis studi dari Harvard Medical School melakukan penelitian terhadap 130 ribu orang kulit putih dalam dua studi, yakni Nurses Health Study (NHS) dan the Health Professionals Follow-Up Study (HPFS).

Para peneliti membagi partisipan menjadi dua kelompok berdasarkan gaya hidup, yakni rendah risiko dan tinggi risiko.

Penelitian difokuskan pada penderita kanker paru-paru, payudara, pankreas, kendung kemih, dan jenis kanker lain, kecuali kanker kulit dan otak (karena berhubungan kuat dengan sinar UV dan karsinogen).

Dari hasil penelitian, ditemukan beberapa fakta gaya hidup yang membuat seseorang memiliki faktor risiko rendah terhadap kanker. Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 31/5/2016):

1. Tidak merokok

Kebanyakan kelompok risiko rendah bukan perokok, atau sudah berhenti merokok selama lebih dari lima tahun.

2. Tidak mabuk

Dalam penelitian ditemukan, perempuan yang tidak minum alkohol lebih dari satu gelas sehari, dan pria tidak minum lebih dari dua gelas sehari minim risiko terkena kanker.

3. Angka BMI sehat

Kebanyak responden berisiko rendah terkena kanker memiliki indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 hingga 27,5. Menurut CDC, angka BMI lebih dari 25 dikategorikan sebagai kegemukan.

4. Rutin berolahraga

Para responden yang melakukan olahraga berat 75 menit setiap pekan, atau olahraga intensitas sedang selama 150 menit memiliki risiko rendah untuk terkena kanker. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Batuk Jangan Ditahan

Batuk Jangan Ditahan

Jakarta – Walaupun tidak sedikit jenis batuk ternyata berbahaya, tidak semua orang memiliki kesadaran untuk ...