Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Menghilangkan Kebiasaan Membungkuk

Tips Menghilangkan Kebiasaan Membungkuk

Jakarta – Membungkuk merupakan salah satu postur tubuh yang salah. Dalam jangka panjang, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan berbagai gangguan pada area punggung, bahu, dan leher.

Tips Menghilangkan Kebiasaan Membungkuk

Melatih tubuh guna menerapkan posisi yang benar memang susah-susah gampang. Padahal jika mau membiasakan diri, posisi tubuh yang benar membantu meningkatkan fungsi organ pencernaan, mengurangi stres, bahkan meningkatkan rasa percaya diri.

“Awalnya mungkin terasa aneh karena Anda tidak terbiasa, ” ujar Rami Said, terapis fisik dari Columbia University Medical Center (Selasa, 31/5/2016). Namun, tak ada salahnya mencoba untuk menghindari gangguan lain yang mengintai.

Lebih dalam lagi, Rami pun memaparkan langkah sederhana untuk mendapatkan postur tubuh yang benar.

1. Berdiri dan duduk dengan tegap. Pastikan dua kaki Anda menopang tubuh secara seimbang. Awalnya mungkin akan terasa pegal, namun, Anda akan terbiasa setelahnya.

2. Tidur telentang. Posisi ini bagus untuk menyeimbangkan berat tubuh ketika tidur, menjaga organ internal tetap selaras pada tempatnya, dan mencegah sakit leher serta punggung. Letakkan bantal di bawah lutut sebagai penyangga agar tulang punggung tetap sejajar. Meski baik, posisi tidur telentang tidak disarankan untuk orang yang punya kebiasaan mendengkur.

3. Ubah posisi tas setiap 10 menit sekali. Misal, jika sebelumnya Anda menjinjing dengan bahu kanan, ganti beberapa menit kemudian ke bahu sebelah kiri.

4. Ketika mengangkat telepon, pastikan kepala Anda tetap tegak.

5. Latihan ringan, seperti mengangkat beban. Lakukan secara rutin setiap hari selama 30 menit.

6. Latihan pernapasan. Berbaring telungkup di lantai, kemudian tempatkan bantal di bawah perut Anda. Tarik napas dalam-dalam selama beberapa menit. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Jakarta – Menurut studi yang dirilis pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, pria yang ...