Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspada, Radang Tenggorokan Dapat Timbulkan Masalah Jantung

Waspada, Radang Tenggorokan Dapat Timbulkan Masalah Jantung

Jakarta – Radang tenggorokan dapat memberi banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan Anda. Bahkan tidak terkecuali bagi organ jantung.

Waspada, Radang Tenggorokan Dapat Timbulkan Masalah Jantung

Dijelaskan oleh Dr.dr. Cita Herawati, SpTHT-KL, Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher RS Dharmais Jakarta, salah satu penyebab radang tenggorokan adalah berubahnya fungsi amandel.

Amandel, yang seharusnya mengeluarkan antibodi untuk membunuh kuman yang masuk–pada beberapa kasus–malah menyatu dengan antigen lain, yang berasal dari kuman Streptococcus beta hemoliticus, dan kemudian menyebar di darah dan menyebabkan peradangan atau infeksi pada bagian tertentu. Misal, jantung.

“Kuman bisa menempel di berbagai daerah, seperti katup jantung dan menyebabkan jantung rematik, atau di bagian sendi sehingga muncul peradangan,” ujar Cita (Selasa, 31/5/2016).

Dia menambahkan, amandel normalnya mengalamin regresi pada usia 12 tahun. Sebab, pada usia tersebut daya tahan tubuh telah sempurna sehingga fungsi amandel tergantikan.

Selain amandel, regresi atau kemunduran fungsi organ juga terjadi pada usus buntu, yang mana ukuran organ tersebut akan semakin mengecil dan tidak berfungsi seiring bertambahnya usia. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Lima Langkah Mencegah Kanker Serviks

Lima Langkah Mencegah Kanker Serviks

Jakarta – Menurut data tahun 2012, sebanyak 26 orang wanita di Indonesia meninggal karena kanker ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis