Home > Ragam Berita > Nasional > Dokter Boyke Berikan Pandangannya Terkait Pemberlakuan Hukuman Kebiri

Dokter Boyke Berikan Pandangannya Terkait Pemberlakuan Hukuman Kebiri

Jakarta – Seksolog Boyke Dian Nugraha pun berkomentar tentang suntik kebiri bagi pelaku kejahatan seksual anak. Menurut dia, pelaku kejahatan seksual seharusnya dihukum mati daripada harus disuntik kebiri

Dokter Boyke Berikan Pandangannya Terkait Pemberlakuan Hukuman Kebiri

”Kalau saya lebih suka hukuman mati. Hukuman mati akan lebih manusiawi, dalam arti kata kita tak menyiksa,” kata Boyke setelah menjadi pembicara di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2016).

Dia dan beberapa dokter lainnya tidak setuju dengan suntik kebiri. Sebab, hukuman tersebut memiliki unsur penyiksaan. Selain itu, kebiri mengakibatkan efek jangka panjang. Hal tersebut dapat mengubah laki-laki menjadi perempuan.

”Karena kan disuntik kebiri efeknya laki-laki jadi perempuan, payudara tumbuh, bulu rontok, kemudian otot lemas, jantung lemah bisa terkena serangan jantung, itu bisa depresi dan meninggal,” ujarnya.

Boyke menambahkan, untuk mengantisipasi maraknya kekerasan seksual terhadap anak, antisipasi perlu dilakukan dari hulu. Menurut dia, pendidikan seks dan keluarga merupakan merupakan langkah cukup efektif.

”Tetapi mungkin yang dihulunya diperbaiki, yang pendidikan seks, lembaga agama, informasi mengenai kasus-kasus miras, kemudian narkoba. Kalau kita menginginkan anak-anak yang sehat, generasi yang sehat,” tukas dia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo resmi merilis Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Dalam perppu tersebut, hukuman tambahan bakal diberikan. Salah satunya adalah hukuman kebiri kimia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Memaksa Masuk Gereja, Pendemo Lempari Polisi Dengan Batu

Memaksa Masuk Gereja, Pendemo Lempari Polisi Dengan Batu

Bekasi – Kompol Erna Ruswing selaku Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota menyatakan, massa pengunjuk ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis