Home > Ragam Berita > Nasional > MUI : PKI Partai Haram Yang Sudah Difatwakan Oleh Ulama Tahun 1957

MUI : PKI Partai Haram Yang Sudah Difatwakan Oleh Ulama Tahun 1957

Jakarta – Pada 1957, para ulama se-Indonesia mengadakan pertemuan di Palembang, Sumatera Selatan. Pertemuan tersebut merumuskan bahwa ideologi komunisme haram. Hal tersebut kembali dibahas Ketua Dewan Penasihat Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Ridwan.

MUI : PKI Partai Haram Yang Sudah Difatwakan Oleh Ulama Tahun 1957

”Umat Islam yang mengikuti ideologi komunisme murtad, keluar dari Islam. Haram masuk PKI. Jadi PKI partai haram yang sudah difatwakan oleh ulama tahun 1957. Bahkan fatwa itu menyampaikan dilarangnya perkawinan seorang Muslim dengan keluarga PKI,” ujar Cholil di Balai Kartini, Jakarta Selatan, 1 Juni 2016.

Fatwa tersebut berbunyi: Bagi orang yang menganut ideologi/ajaran komunisme dengan keyakinan dan kesadaran, maka kafirlah dia dan tiada sah menikah dan menikahkan orang Islam, tiada pusaka-mempusakai dan haram hukumnya jenazahnya diselenggarakan secara Islam. Bagi orang yang memasuki organisasi/Partai yang berideologi komunisme (PKI, Sobsi, Pemuda Rakyat dll; tidak dengan keyakinan dan kesadaran, sesatlah dia dan wajib bagi umat Islam menyeru mereka meninggalkan organisasi dan partai tersebut.

Kemudian, Cholil meminta ideologi Pancasila tidak ditabrakkan dengan Islam. Sebab, Pancasila telah dibentuk para pendiri bangsa sebagai ideologi negara.

Selain itu, Cholil menilai Pancasila merupakan lokalitas Islam di Indonesia. Karena itu, dia meminta generasi penerus bangsa bisa dibimbing dengan ideologi Pancasila.

”Pancasila adalah islam yang lokal di Indonesia sehingga semuanya menjadi bagian kebersamaan untuk mempertahankan NKRI,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

FPI dan Ormas Lain Kecewa Makan Siang Bareng Anies Ditunda

FPI dan Ormas Lain Kecewa Makan Siang Bareng Anies Ditunda

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya hari ini akan menggelar acara makan bersama ...