Home > Ragam Berita > Nasional > Hari Lahirnya Pancasila Diperingati Ribuan Banser

Hari Lahirnya Pancasila Diperingati Ribuan Banser

Cirebon – Sekitar 3 ribu anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser) berkumpul di Alun-Alun Palimanan Cirebon, Jawa Barat. Aksi tersebut dilakukan pada Rabu (1/6/2016). Hal tersebut bertujuan memperingati hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni.

Hari Lahirnya Pancasila Diperingati Ribuan Banser

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan, apel tersebut bertujuan menegaskan kembali komitmen GP Ansor dalam menegakkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu, hal itu bertujuan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Kesetiaan terhadap Pancasila ini juga merupakan penegasan untuk menjaga semangat BhinnekaTunggal Ika sebagai pilar bangsa ini,” ujar Yaqut di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Yaqut juga menegaskan bahwa saat ini banyak bermunculan gerakan anti Pancasila yang ingin mengubah dasar negara ini dengan bentuk lain, seperti organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) misalnya. HTI secara terang-terangan ingin mengubah NKRI menjadi sistem khilafah.

Sikap Ansor yang sejalan dengan sikap NU, dengan tegas menyatakan bahwa organisasi yang ingin mengubah ideologi Pancasila dianggap sebagai organisasi subversive dan tidak boleh hidup di Indonesia.

”GP Ansor berada di setiap jengkal NKRI dan akan memberikan yang terbaik untuk Tanah Air ini, termasuk darah dan nyawa! ” tegas Yaqut.

Dalam apel Kesetiaan Pancasila ini rencananya akan dihadiri pula oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi serta akan dilakukan penandatanganan Ikrar Kesetiaan Pancasila oleh beberapa wakil elemen kepemudaan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Desak Pemerintah Papua Maksimalkan Kekayaan Alamnya

Jokowi Desak Pemerintah Papua Maksimalkan Kekayaan Alamnya

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau Pemerintah Provinsi Papua untuk memanfaatkan keunggulannya dibanding daerah ...