Home > Ragam Berita > Nasional > Luhut Binsar Tampik Isu Kapal Tiongkok Tenggelamkan KRI Pati Unus

Luhut Binsar Tampik Isu Kapal Tiongkok Tenggelamkan KRI Pati Unus

Jakarta – KRI Pati Unus 834 dikabarkan tenggelam. Hal tersbeut pun ramai diperbincangkan. Selain itu, berbagai spekulasi pun beredar terkait dengan tenggelamnya kapal perang milik TNI Angkatan Laut tersebut.

Luhut Binsar Tampik Isu Kapal Tiongkok Tenggelamkan KRI Pati Unus

Berdasar informasi, ada isu yang menyatakan kapal tersebut dirudal kapal perang milik Tiongkok. Namun, itu baru spekulasi semata.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, KRI Pati Unus 834 tenggelam karena badan kapal menghantam kapal karam saat hendak berlabuh.

”Tidak ada urusan dengan torpedo-torpedoan seperti di sosmed. Tadi saya sudah tanyakan ke (TNI) AL,” bantah Luhut di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

KRI Pati Unus mengalami robek di bagian lambung kapal setelah kecelakaan tersebut.

”Jadi robek, dipinggirkan kapalnya (KRI Pati Unus). Kapal ini kapal tua yang dibeli dari Jerman Timur sekitar tahun 1996,” ucapnya.

Luhut juga menjelaskan bahwa hubungan antara Indonesia dan Tiongkok baik-baik saja dan dia juga menegaskan bahwa tidak ada rudal dari kapal Tiongkok yang menyebabkan KRI Pati Unus tenggelam.

”Tidak benar itu. Hubungan kita dengan China baik-baik saja,” kata Luhut.
Seperti diketahui, KRI Pati Unus 384 tenggelam pada 13 Mei 2016 lalu sekitar pukul 18.15 WIB saat berlayar di wilayah Belawan. Upaya penyelamatan badan kapal dan awak dilakukan hingga pukul 22.25 WIB dengan bantuan dua kapal perang TNI-AL. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Temui Keluarga Cak Nur, Ahok Dihadiahi Buku 

Temui Keluarga Cak Nur, Ahok Dihadiahi Buku 

Jakarta – Ketika mengadakan pertemuan dengan keluarga almarhum Nurcholish Madjid alias Cak Nur, Calon Gubernur ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis