Jakarta – Berjalan kaki dapat memberikan efek maksimal bagi kesehatan tulang hal tersebut pun lebih bagus daripada berenang atau bersepeda. Hal itu diungkapkan studi terbaru terkait dengan kesehatan tulang.

Kesehatan Tulang Dapat Ditingkatkan dengan Berjalan Kaki

Studi tersebut diungkapkan European Congress of Endocrinology. Hal tersebut dapat digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, hal tersebut dapat berjalan lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan tulang dibanding bersepeda atau berenang.

”Setiap hari, pria dan wanita perlu latihan moderat untuk menjaga kesehatan. Namun, temuan kami menunjukkan bahwa mereka yang memiliki risiko tulang lemah, lebih baik berjalan saja daripada berenang atau bersepeda,” ujar Dr Giovanni Lombardi, penulis utama studi ini.

Hasil studi ini juga sejalan dengan hasil penelitian dari Istituto Ortopedico Galeazzi di Milan. Hasil penelitian ini justru menyebutkan pengendara sepeda balap memiliki risiko lebih tinggi mengidap gangguan pelemahan tulang.

“Karena berjalan memberikan tubuh beban fisik yang lebih tinggi daripada berenang atau bersepeda, bisa jadi kekuatan ini merangsang jaringan tulang untuk memberikan sinyal ke pankreas untuk membantu memenuhi kebutuhan energi dalam jangka panjang,” ujar Lombardi, dikutip dari Science Daily, Kamis (2/6/2016).

Berjalan juga bermanfaat agar tulang sering “berkomunikasi” dengan jaringan dan oragan tubuh yang lain untuk mendorong kebutuhan energi tubuh dan energi tulang. Berjalan juga disebutkan bermanfaat untuk pencegahan penyakit osteoporosis dan diabetes. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)