Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Berita Kesehatan : Inilah Bahaya Mi Instan bagi Kesehatan

Berita Kesehatan : Inilah Bahaya Mi Instan bagi Kesehatan

Jakarta – Masyarakat Indonesia memang sangat akrab dengan makanan tersebut. Mi instan pun kerap dihidangkan sebagai makanna utama atau pengganjal perut.

Berita Kesehatan : Inilah Bahaya Mi Instan bagi Kesehatan

Sebagaimana pantauan Harian Indo pada Sabtu (4/6/2016), karena dorongan untuk ‘ngemil’ yang begitu tinggi, tak jarang mie instan dikonsumsi begitu saja tanpa dimasak terlebih dahulu. Mia instan diremukkan terlebih dahulu, lalu bumbunya dicampurkan dan kemudian langsung disantap.

Namun demikian, tahukah anda bahwa mengkonsumsi mie instan tanpa direbus ternyata bisa mendatangkan keburukan bagi tubuh kita?

Daam mie instan, terdapat beberapa bahan tambahan yang digunakan untuk menambah rasa dan memperindah tampilannya. Beberapa bahan tersebut antara lain adalah penguat rasa, pewarna makanan, serta bahan yang mungkin sudah akrab ditelinga anda, yakni monosodium glutamate (MSG).

Bahan-bahan tersebut sejatinya masih diperbolehkan masuk ke dalam tubuh kita dalam jumlah yang normal. Namun demikian, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya tanpa melalui proses pelarutan, atau dengan kata lain, proses merebus.

”Mi instan seharusnya tidak dimakan mentah. Anjurannya memang harus diseduh atau direbus agar zat alami bisa larut dan aman dimakan,” terang Dr dr Rini Sekartini Sp.AK, dokter Spesialis Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Mengkonsumsi mie instan tanpa dimasak bisa meningkatkan resiko efek samping dari bahan-bahan tadi. Efek jangka pendeknya adalah masalah pencernaan, sementara efek jangka panjangnya adalah memicu kanker. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis