Home > Ragam Berita > Nasional > Ramadhan 2016 : Prof Dr Yunahar Ilyas Jelaskan Fikih Puasa

Ramadhan 2016 : Prof Dr Yunahar Ilyas Jelaskan Fikih Puasa

Jakarta – Dalam setahun, Ramadan hanya datang sekali. Namun, beberapa umat Islam terkadang melupakan perkara-perkara fikih di bulan tersebut.

Ramadhan 2016 : Prof Dr Yunahar Ilyas Jelaskan Fikih Puasa

Karena itu, hukum-hukum fikih perlu kembali diingat. ”Panitia Ramadhan perlu menjelaskan lagi fikih puasa. Intinya ada dua, fikih puasa dan shalat malam, dan ibadah-ibadah yang lain,” ungkap Prof Dr Yunahar Ilyas pada Rabu (25/5/2016).

Selanjutnya, mempersiapkan jiwa bersih agar bersih dari bermacam-macam penyakit hati. Yunahar menjelaskan, sebelum memasuki Ramadan, keluarga sebaiknya saling memaafkan. Selanjutnya, Ramadan pun menjadi ladang amal bagi orang-orang yang aktif dalam kegiatan masjid.

Selain itu, kurangnya ilmu akan bisa mengakibatkan menurunnya motivasi. Akibatnay, umat Islam dapat terjebak dalam tren-tren Ramadan. Misalnya, ibadah dan buka bersama di awal Ramadhan. Karena kurang pengetahuan, tren tersebut bakal melemah.

Karena itu, menurut Ustaz Erick Yusuf, sebaiknya seseorang mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memasuki ramadan. Umat Islam pun disarankan melakukan amalan-amalan di bulan suci. Misalnya, Tahajud, membaca Alquran, dan ibadah-ibadah lainnya.

”Siap-siap dari sekarang, lebih banyak bersabar, lebih banyak menahan kekesalan setiap harinya,” ujarnya.

”Kita silaturahim lagi. Kita sahur dengan keluarga, kita bisa silaturahim dengan teman, dengan tetangga. Bagaimana kita gunakan Ramadhan ini untuk evaluasi besar untuk memperbaiki hubungan dalam kehidupan kita,” kata Ustad Erick. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah mendukung rencana Aksi Bela ...