Home > Ragam Berita > Ekonomi > Pengamat Menilai Permintaan Jokowi Terkait Harga Daging Bisa Membuat Peternak Merugi

Pengamat Menilai Permintaan Jokowi Terkait Harga Daging Bisa Membuat Peternak Merugi

Jakarta – Instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait harga daging sapi maksimal yang mencapai Rp 80 ribu per kilogram menjelang Puasa dan Lebaran, dinilai mustahil. Mungkin tepatnya tidak masuk akal.

Pengamat Menilai Permintaan Jokowi Terkait Harga Daging Bisa Membuat Peternak Merugi

Daniel Johan selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR mengutarakan, hal tersebut sangatlah sulit untuk terlaksana. Alasannya, modal peternak daging sapi lokal, harga daging harus di atas Rp 80 ribu per kilogram (kg).

“Kalau harganya segitu sulit. Ya, kalau dipaksakan juga, sama saja membiarkan peternak sapi mensubsidi masyarakat golongan menengah ke atas yang makan daging,” kata Daniel dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (04/06/2016).

Tak hanya itu, kata Wasekjen DPP PKB ini, keinginan Jokowi ini bakal merugikan peternak sapi lokal. “Karena kalau harga daging segitu, berarti peternak merugi Rp40 ribu per kilogram-nya,” ungkap Daniel.

“Untuk BEP (Break Even Point) saja, harganya Rp40 ribu per kilogram hidup. Belum untuk biaya pakan yang bisa Rp35 ribu per hari. Sehingga, wajarnya harga daging sekitar Rp110 ribu per kilogram,” lanjut anak buah Muhaimin Iskandar ini.

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi mengungkapkan jika harga daging sapi di Indonesia sebesar Rp 110 ribu per kilogram, termasahal di kalangan negara anggota ASEAN.

“Malaysia bisa jual Rp 50 ribu/Kg. Di Singapura bisa jual Rp 55 ribu/Kg, kita lebih mahal dua kali lipat,” ungkapnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Imbau Jalur Busway Harus Steril

Sandiaga Yakinkan Program Rumah DP Rp 0 Pasti Terealisasi

Jakarta – Pemerintah Provinsi dan DPRD DKI Jakarta tengah menggodok revisi Kebijakan Umum Anggaran dan ...