Home > Ragam Berita > Nasional > Koran The New York Times Menyebut Ahok Sebagai Sosok Pendobrak

Koran The New York Times Menyebut Ahok Sebagai Sosok Pendobrak

Jakarta – Harian ternama asal Amerika Serikat (AS), The New York Times edisi Minggu (5/6/2016) mengulas sosok Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Koran The New York Times Menyebut Ahok Sebagai Sosok Pendobrak

Dituliskan oleh The New York Times bahwa politisi di daerah “disandera” oleh kepentingan politisi nasional. Dalam sistem semacam itu, walau unggul dalam survei, para calon kepala daerah kadang-kadang tidak dapat berbuat banyak. Partai politik umumnya meminta “mahar” untuk pencalonan dan mensyaratkan untuk membiayai sendiri kampanye politik.

New York Times menyebut Ahok sebagai sosok political outsider lantarang dirinya memiliki background seorang minoritas dari sisi etnis dan keyakinan agamanya. Status outsider itu semakin kuat dengan keputusannya berpolitik melalui jalur independen.

Sejak menjabat November 2014, Ahok disebut tidak menunggu lama untuk “menyikat” birokrat yang tidak kompeten dan memberantas korupsi yang merajalela. Harian itu menulis, target baru mantan Bupati Belitung Timur itu adalah mengguncang sistem politik nasional yang dikuasai kelompok oligarki.

New York Times kemudian mengutip Charlotte Setijadi, seorang periset di program Ilmu Indonesia di Institut Studi Asia Tenggara-Yusof Ishak yang bermarkas di Singapura.

Charlotte mengatakan, “Basuki (Ahok) menampilkan dirinya sebagai sosok alternatif melawan sistem politik yang memuakkan banyak rakyat Indonesia.” (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...