Home > Ragam Berita > Internasional > Dukungan Muhammad Ali Untuk Perjuangan dan Kemerdekaan Palestina

Dukungan Muhammad Ali Untuk Perjuangan dan Kemerdekaan Palestina

Jakarta – Petinju legendaris Muhammad Ali telah meninggal. Kepergiannya membawa duka yang mendalam. Termasuk untuk muslim di seluruh dunia. Sebab, dia adalah muslim yang pertama masuk Islam saat terjadi perbedaan hak antarkelompok sipil. Khususnya, Afrika-Amerika.

Dukungan Muhammad Ali Untuk Perjuangan dan Kemerdekaan PalestinaDukungan Muhammad Ali Untuk Perjuangan dan Kemerdekaan Palestina

“Muhammad Ali mungkin adalah yang pertama memeluk Islam di Amerika, pertama kali diketahui bila ada seorang Muslim di Amerika,” ujar Ihsan Bagby, seorang professor studi Arab dan Islam di Universitas Kentucky, kepada Koran Courier Journal.

Sebagaimana diberitakan laman Middle East Eye pada Sabtu (4/6/2016), Ali adalah seorang muslim. Dia pun sangat mempedulikan nasib Palestina. Berdasar informasi, Ali pernah melawat ke pengungsian warga Palestina di Selatan Libanon.

”Atas nama saya dan nama seluruh muslim di Amerika, saya menyatakan dukungan untuk perjuangan rakyat Palestina demi merdeka di tanahnya dan mengusir para Zionis,” demikian tegas Ali ketika itu.

Menurut Ali, ada orang Yahudi memiliki kehidupan yang baik, kita hanya memandang mereka dengan cara berbeda. Seorang yang percaya akan satu Tuhan, tentunya juga dapat percaya bila semua manusia adalah bagian dari sebuah keluarga.

”Tuhan menciptakan kita semua, dan semua manusia punya tugas untuk terus bersama,” demikian kata Ali pada 1996. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Berhijab di Tiongkok, Wanita Ini Sempat Dianggap Gila

Berhijab di Tiongkok, Wanita Ini Sempat Dianggap Gila

Jakarta – Sudah menjadi sebuah rahasia umum bila hijab adalah identitas wanita musim. Namun ternyata ...