Home > Gaya Hidup > Tips > Berita Ramadhan 2016 : Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Berita Ramadhan 2016 : Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Jakarta – Selain beribadah, Ramadan merupakan bulan yang pas untuk kembali belajar menahan lapar dan dahaga. Namun, bagi pengidap diabetes, berpuasa selama Ramadan bakal sedikit lebih sulit. Sebab, mereka harus menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Berita Ramadhan 2016 : Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Sebagaimana diberitakan laman CBC pada Senin (6/6/2016), dr Tyceer Abouhassan dan ahli diet Nouhad Mokdad memberikan sedikit tips bagi pengidap diabetes selama bulan suci Ramadan.

Konsumsi protein dan karbohidrat
Mokdad mengatakan bahwa menghindari minuman manis seperti jus dan menjaga asupan protein dan karbohidrat seimbang akan membantu menstabilkan kadar gula darah selama berpuasa.

Berbuka dengan porsi lebih kecil
Mengonsumsi kurma dan air putih lebih baik ketimbang langsung mengonsumsi makanan berat pada saat berbuka. Kemudian lanjutkan dengan salad dan makan makanan berprotein. Ini akan menghindari Anda makan berlebih dan membantu tubuh untuk menyerap lebih cepat nutrisi yang dibutuhkan.

Banyak minum air putih
Abouhassan menyarankan untuk meminum empat botol air putih setiap hari. Air akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan mencegah sakit kepala selama berpuasa. Ia mengatakan, mengonsumsi sebotol air setiap sebelum makan akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama satu hari.

Olahraga
Olahraga memang membantu mengatur kadar gula darah, namun ketika berpuasa hindari aktivitas berat selama siang hari dan tetap cek kadar gula darah setiap hari.

Cek kesehatan
Periksakan kesehatan sebelum berpuasa untuk memastikan kondisi tubuh dan mengatur cara dan pola makan saat berpuasa. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai hal ini. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis