Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

Tips Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

Jakarta – Mendengkur saat tidur sering kali dianggap sebagai hal yang wajar. Padahal, mendengkur bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Misal, sleep apnea.

Tips Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

Sleep apnea adalah sebuah gejala dimana imana seseorang berhenti bernapas selama 1-2 detik pada saat tidur.

Seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 7/6/2016), ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

1. Posisi tidur yang tepat

Shelby Harris, PsyD yang sering menangani pasien gangguan tidur di Montefiore Medical Center, New York, menjelaskan, orang yang punya kebiasaan mendengkur tidak disarankan tidur telentang.

Tidur miring direkomendasikan. Sebab, posisi tidur miring membantu ujung lidah menyangga tenggorokan dan mencegah terhambatnya pernapasan.

2. Membersihkan hidung

Mandi air hangat, dan membersihkan hidung sebelum tidur—untuk beberapa orang, terbukti efektif mengurangi kebiasaan mendengkur.

3. Jaga kebersihan

Beberapa kasus mendengkur disebabkan oleh alergen yang terdapat pada kasur. Ganti seprai dan sarung bantal secara berkala, serta jangan biarkan hewan peliharaan tidur di kamar Anda.

4. Atasi inflamasi (jika ada)

Inflamasi atau peradangan mempersempit bagian pernapasan, terutama di area tenggorokan dan rongga hidung. Dr. Gabrielle Francis, dokter naturopati yang berbasis di New York City menyarankan untuk mengikuti terapi sauna untuk mengurangi inflamasi. (Yayan – www.harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis