Home > Gaya Hidup > Tips > Singapura Tawarkan Beasiswa Untuk Pelajar SMP dan SMA, Ini Syaratnya

Singapura Tawarkan Beasiswa Untuk Pelajar SMP dan SMA, Ini Syaratnya

Singapura – Meski berukuran kecil, kesungguhan Pemerintah Singapura di bidang pendidikan sangatlah besar jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Tidak mengherankan apabila banyak yang kemudian memburu beasiswa ke negara ini.

Singapura Tawarkan Beasiswa Untuk Pelajar SMP dan SMA, Ini Syaratnya

Selain di jenjang perguruan tinggi, Singapura juga menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia, di tingkat SMP maupun SMA. Program tersebut dinamai ASEAN Scholarship for Indonesia.

Beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan Singapura ini disediakan untuk pelajar SMP yang ingin melanjutkan pendidikan SMA-nya di Singapura. Berbagai tunjangan yang akan diterima siswa mencakup tunjangan tahunan sebesar 2.200 dolar Singapura atau setara dengan Rp 21 juta, biaya asrama sebesar 400 dolar Singapura atau setara dengan Rp 3,9 juta, tiket penerbangan kelas ekonomi ke Singapura serta tanggungan biaya sekolah. Selain itu pelajar juga akan mendapatkan tunjangan berupa subsidi fasilitas kesehatan dan asuransi kecelakaan.

Beasiswa ini akan diberikan selama empat tahun. Periode dua tahun pertama adalah penyetaraan secondary school serta dua tahun selanjutnya untuk pre university di junior college Singapura.

Bagi Anda yang tertarik harus memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan, yakni WNI, lahir antara 2000 sampai 2002, duduk di kelas 3 SMP 2016 dan telah mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN). Anda harus memiliki prestasi cemerlang di sekolah serta mahir berbahasa Inggris dan berperan aktif dalam kegiatan belajar.

Pendaftaran dilakukan secara online di website ASEAN Scholarship. Siapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Pendaftaran akan ditutup pada 29 Juni 2016. Untuk informasi selanjutkan Anda dapat mengunjungi website Kementerian Pendidikan Singapura. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Orang Berpendidikan Tinggi Cenderung Gagal Dalam Tes Menyetir

Orang Berpendidikan Tinggi Cenderung Gagal Dalam Tes Menyetir

Jakarta – Studi mengemukakan jika mereka yang berpendidikan tinggi justru cenderung lebih sering gagal dalam ...