Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Ahok : Gubernur DKI Berkilah Penggusuran Kampung Adalah Rencana Jokowi

Berita Ahok : Gubernur DKI Berkilah Penggusuran Kampung Adalah Rencana Jokowi

Jakarta – Kawasan Pasar Ikan telah digusur beberapa waktu lalu. Kini Pemprov DKI berencana menertibkan permukiman ilegal di Kampung Baru, Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara. Hal tersebut bertujuan memperlancar pembangunan tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) A setinggi 3,8 meter dan menghalau banjir rob.

Berita Ahok : Gubernur DKI Berkilah Penggusuran Kampung Adalah Rencana Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjelaskan, rencana tersebut adalah kebijakan Joko Widodo. Kebaijakan tersebut muncul saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI pada 2013. Perencanaan perluasan Pasar Ikan, Kampung Baru, telah dilakukan. Namun, uang kerahiman belum diberikan.

”Sebetulnya itu gini, kasus Angke waktu itu kita mau perluasan Pasar Ikan, lelang Pasar Ikan di Muara Angke. Di situ lah pertama kali kita mesti memberikan kerohiman, lalu mereka membongkar sendiri. Beberapa datang ke Pak Jokowi, katakan fitnah kami menggusur,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Ahok menyebut, dengan uang tersebut warga kemudian membangun kembali permukiman di pesisir laut. Selain faktor perubahan iklim, Ahok menyebut hal itu juga menyebabkan banjir rob kerap terjadi.

”Tahu enggak, abis buka (bongkar rumah sendiri), seneng kan, dapat duit lagi kan, kita (Pemprov) bikin pasar. Lalu dia maju lagi ke laut, nah sekarang di Muara Angke sekarang ini sebagian besar adalah yang bongkaran 2013, dia maju ke laut, semua ditancepin ke laut, sekarang laut begitu tinggi,” jelasnya.

Ahok menjelaskan, pembangunan tanggul untuk menghalau rob wajib dilakukan, jika tak ingin Jakarta tenggelam. Karenanya, langkah penggusuran pun harus diambil. Namun begitu, Ahok menyangkal banjir rob yang terjadi belakangan ini karena proyek Reklamasi Teluk Jakarta.

”Yang pasti, laut naik bukan karena reklamasi. Surut bukan karena dikeruk airnya, ini gaya tarik bulan, saya ulang-ulang ini. Ya dong, pencairan es kutub, karena pemanasan global,” tutup Ahok. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Menyambut Baik Rencana Kepulangan Rizieq Pada 17 Agustus

Polisi Menyambut Baik Rencana Kepulangan Rizieq Pada 17 Agustus

Jakarta – Pihak kepolisian rencananya akan memintak keterangan dari tersangka kasus dugaan pornografi Rizieq Shihab ...