Home > Ragam Berita > Internasional > Pemerintah Jepang Memprotes Kapal Tiongkok di Perairan Pulau Sengketa

Pemerintah Jepang Memprotes Kapal Tiongkok di Perairan Pulau Sengketa

Tokyo – Pemerintah Jepang dikabarkan memprotes duta besar Tiongkok di Tokyo. Sebab, angkatan laut negara tersebut berlayar di dekat pulau sengketa, Laut China Timur (LCT).

Pemerintah Jepang Memprotes Kapal Tiongkok di Perairan Pulau Sengketa

Menurut Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Jepang, kapal angkatan laut Tiongkok diberitakan memasuki memasuki perairan sengketa tengah malam waktu setempat. Yakni, Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok.

Sebagaimana dilansir Reuters Kamis (9/6/2016), Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Akitaka Saiki pun menegaskan, Pihaknya sangat prihatin dengan tindakan tersebut. Dia pun mendesak kapal tiongkok segera pergi dari kawasan tersebut.

Satu jam setelah diprotes Jepang, kapal China akhirnya meninggalkan pulau tersebut dan langsung berlayar menuju wilayah utara.

Selama ini, kapal patroli China sering berlayar dekat dengan pulau sengketa tersebut, tapi ini adalah pertama kalinya mereka menemukan kapal angkatan laut China sedang berlayar menuju daerah tersebut.

Pada waktu yang hampir bersamaan, menurut Kementerian Pertahanan Jepang, tiga kapal perang Rusia juga memasuki daerah perairan Jepang. Terkait tindakan ini, pihak Jepang sedang melakukan penyelidikan apakah tindakan kedua negara itu saling berkaitan atau tidak.

Terkait tindakan ini, Beijing belum memberikan komentar, tapi China pada tahun lalu telah memperingatkan supaya Jepang tidak melakukan tindakan provokatif dekat pulau sengketa.

Pulau Laut Cina Timur yang diketahui terletak sekira 220 kilometer bagian barat Taiwan dikendalikan oleh Tokyo, tapi telah diklaim oleh Pemerintah China. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gertak Rusia, Konvoi Pasukan Perang AS Tiba di Polandia

Gertak Rusia, Konvoi Pasukan Perang AS Tiba di Polandia

Warsawa – Konvoi pasukan tempur lengkap dengan peralatan perang Amerika Serikat (AS) iba di Polandia ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis