Jakarta – Pendidikan dan moral anak sekolah jaman sekarang tentunya sudah sangat berbeda dengan jaman dahulu di era 1990-2000 an. Pada jaman dahulu kala banyak siswa yang lebih segan terhadap seorang guru karena ketegasannya, bahkan sampai terkenal dengan guru killer yang memang terkadang harus sampai menggunakan kekerasan untuk mendidik muridnya agar tidak terlalu nakal dan menghormati yang lebih tua.

Miris, Seperti Inikah Wajah Pendidikan di Indonesia ?

Namun, pada jaman sekarang ini yang serba dilindungi oleh HAM, maka sepak terjang dari guru pun terbatas. Bahkan, jika guru mencubit pun akan dilaporkan oleh orang tua ke polisi dan hal itu membuat guru era sekarang ini hanya lebih ke mengajar, dan tak berani untuk menindak tegas siswa yang terlewat batas.

Oleh karena itu, berdasarkan pantauan tim harianindo di ebberapa media sosial, Kamis (9/6/2016), maka tak heran jika anak jaman sekarang dianggap lebih “Ngelamak” dan tak terlalu takut dengan gurunya di sekolah. Beberapa foto yang beredar di dunia maya pun memperlihatkan bagaimanakah perilaku liar dan aksi tak terpuji dari siswa bau kencur, yang mana memang tak bisa ditindak tegas oleh oknum guru karena akan dilaporkan kepada polisi ataupun HAM.

Sungguh ironis, semakin majunya jaman ini maka semakin minim pula moralitas pada siswa jaman sekarang ini. Semoga pemerintah bisa serius untuk dapat membahas kajian permasalahn seperti ini. (Rini Masriyah – www.Harianindo.com)